KAI Daop 7 Madiun Operasikan 7 Kereta Api Jarak Jauh, Ini Daftarnya

Ixfan Hendriwintok, Humas PT KAI Daop 7 Madiun - fspkep.or.id
Ixfan Hendriwintok, Humas PT KAI Daop 7 Madiun - fspkep.or.id

Jakarta (Persero) Daerah Operasi () 7 Madiun mengoperasikan 7 KA jarak jauh selama perpanjangan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4 di Jawa-Bali untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Sebanyak tujuh kereta jarak jauh tersebut ada yang berangkat dari wilayah Daop Madiun dan ada yang melintasi Daop Madiun,” kata Manager Humas (Persero) Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko di Madiun, Rabu (11/8), seperti dilansir Antara.

Adapun 7 kereta jarak jauh yang dimaksud antara lain, KA Argowilis relasi Surabaya Gubeng–Bandung (PP), KA Gajayana relasi Malang–Gambir (PP), dan KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng–Pasar Senen (PP). Kemudian, KA Kahuripan relasi Blitar–Kiaracondong Bandung (PP), KA Sri Tanjung relasi Ketapang–Lempuyangan (PP), KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung PP, dan KA Bima relasi Surabaya Gubeng–Gambir (PP).

“Pengoperasian tujuh KA jarak jauh tersebut dalam rangka penyesuaian yang dilakukan PT KAI Daop 7 Madiun untuk mendukung dalam menekan mobilitas warga, sehingga laju penyebaran COVID-19 dapat terkendali,” jelas Ixfan.

Penyesuaian tersebut diatur dalam SE Kementerian Perhubungan Nomor 58 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian selama PPKM Level 4. Secara umum, persyaratan perjalanan menggunakan masih sama seperti sebelumnya, yakni menunjukkan kartu COVID-19 minimal dosis pertama.

Para yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis, tetap dapat melakukan perjalanan dengan menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis. Di samping itu, calon harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2×24 jam atau tes cepat antigen maksimal 1×24 jam sebelum .

Untuk pelanggan di bawah usia 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin dan pelanggan umur di bawah 5 tahun tidak diharuskan menunjukkan hasil RT-PCR atau tes cepat antigen. Serta, pelanggan usia di bawah 12 tahun dibatasi untuk sementara. “Pelanggan di bawah 12 tahun tersebut dapat berangkat jika memiliki kebutuhan mendesak dengan melampirkan surat keterangan seperti dari pemerintah setempat (RT/RW), rumah sakit, sekolah, atau lainnya,” tutupnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*