PT KAI Sediakan Fasilitas Rak Parkir Sepeda di 22 Stasiun KRL

Eva Chairunisa, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta - www.tribunnews.com
Eva Chairunisa, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta - www.tribunnews.com

Jakarta (KAI) rupanya mulai merealisasikan #ParkiruntukSepeda. Pihak KAI setidaknya telah menyediakan rak sepeda di 22 (kereta rel listrik) yang berada di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

“Untuk rak sepeda, saat ini sudah tersedia di 22 stasiun untuk Daop 1 Jakarta,” ujar Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, seperti dilansir Detik. Rak-rak untuk parkir sepeda tersebut disediakan di stasiun-stasiun KRL kawasan Jakarta sampai Bekasi.

Penyediaan rak sepeda di stasiun KRL telah dimulai sejak pertengahan bulan Februari 2021 lalu. Saat ini total sudah ada 22 stasiun KRL yang dilengkapi rak sepeda. “Pengadaan rak sepeda untuk stasiun lain bakal diadakan bertahap,” terang Eva.

Para pengguna KRL sekarang dapat berangkat dari rumah menuju stasiun dengan naik sepeda, kemudian memarkir sepedanya di rak sepeda yang tersedia di stasiun. Pemilihan 22 stasiun sebagai tempat penyediaan rak sepeda tersebut dilakukan karena stasiun-stasiun tersebut cukup dekat dengan area permukiman, perkantoran, dan memiliki ruang yang cukup untuk rak sepeda.

Adapun 22 stasiun KRL yang menyediakan rak parkir sepeda antara lain, Stasiun Cibitung, Tambun, Bekasi Timur, Bekasi, Kranji, Buaran, Klender, Jayakarta, Juanda, Mangga Besar, Sawah Besar, Jakarta Kota, Palmerah, Kebayoran, Tebet, Duren Kalibata, Pasar Minggu, Lenteng Agung, Universitas Pancasila, Pondok Cina, Gambir, hingga Pasar Senen.

Pihak PT KAI pun mengimbau supaya pengguna rak sepeda tersebut juga mengamankan sepedanya secara mandiri, yakni dengan menggunakan peralatan kunci dan rantai atau gembok sepeda. Terlebih karena parkir tersebut bukanlah untuk parkir menginap. Pengguna juga diimbau untuk tidak meninggalkan barang berharga pada sepeda yang diparkir di rak tersebut.

“Kami tentu mengharapkan kerja sama yang baik bagi pelanggan dengan mempersiapkan alat atau kunci pengamanan pada saat meletakkan sepedanya di rak khusus parkir sepeda yang sudah tersedia di stasiun-stasiun tersebut,” tandas Manager Marketing Communication, Advertising and Event Organizer PT Reska Multi Usaha, Decil Christianto selaku pihak pengelola parkir di stasiun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*