November 2020, KAI Jember Tambah Operasional Kereta Api

Suasana di Stasiun Jember - www.antaranews.com

Seiring dengan tingkat okupansi yang terus meningkat selama masa adaptasi kebiasaan baru, PT Api Indonesia (KAI) DAOP 9 Jember menambah operasional kereta api pada bulan November 2020 ini. Setidaknya, ada tiga penambahan operasional kereta, yakni KA Ranggajati, KA Wijayakusuma, dan KA Logawa, walau tidak berjalan setiap hari.

“Tren okupansi penumpang kereta di wilayah DAOP 9 menunjukkan peningkatan yang signifikan, sejak beroperasi kembali pada bulan Juni 2020,” tutur Vice President KAI DAOP 9 Jember, Agus Barkah Nugraha, dilansir dari Antara. “Data terbaru menunjukkan, peningkatan okupansi penumpang dari Agustus ke September 2020 tercatat sebesar 12 persen, yakni meningkat 5.338 penumpang.”

Seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang tersebut, ia melanjutkan, akan menambah operasional kereta api, di antaranya KA Ranggajati, KA Wijayakusuma, dan KA Logawa. Penambahan perjalanan tiga kereta api tersebut menambah daftar kereta yang beroperasi di November 2020, namun tidak akan beroperasi setiap hari dan hanya pada tanggal tertentu.

“Operasional KA Ranggajati dan KA Wijayakusuma pada bulan November 2020 hanya pada akhir pekan, sedangkan untuk KA Logawa beroperasi setiap hari Selasa dan Rabu,” sambung Agus. “Selama beroperasi, KAI DAOP 9 Jember akan mewajibkan para penumpang untuk menaati protokol , mulai dari menggunakan , menjaga jarak, dan mencuci tangan di tempat yang disediakan ataupun menggunakan hand sanitizer.”

Agus menambahkan, KAI DAOP 9 Jember menyediakan tes cepat di Ketapang dan Stasiun Jember, yang bertujuan untuk mendukung kebijakan terkait syarat perjalanan di masa adaptasi kebiasaan baru. Perusahaan secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada perjalanan kereta api agar menjadi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggan sehat sampai tujuan.

Dikutip dari akun Twitter resmi PT KAI, KA Ranggajati melayani relasi Cirebon-Surabaya Gubeng-Jember PP, sedangkan KA Wijayakusuma melayani tujuan Ketapang-Surabaya Gubeng-Cilacap PP. Sementara itu, KA Logawa melayani relasi Purwokerto-Surabaya Gubeng-Jember PP. Khusus untuk yang terakhir, sebenarnya sudah beroperasi sejak bulan Agustus 2020 lalu.