KAI Larang Pegawai & Penumpang Main Pokemon Go di Stasiun Kereta Api

pokemon go -straitstimes.com

Permainan virtual Pokemon Go saat ini tengah digilai masyarakat luas. Keberadaan game Pokemon Go ini juga menjadi perhatian khusus bagi PT Indonesia (KAI). PT KAI Yogyakarta mengeluarkan bagi para , , dan masyarakat untuk memainkan game Android Pokemon Go tersebut di area .

“Seluruh pegawai, pengunjung, penumpang, dan masyarakat dilarang memainkan permainan virtual tersebut di seluruh wilayah yang masuk dalam aset vital milik PT KAI karena dikhawatirkan membawa dampak buruk,” ujar Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Kamis (28/7).

“Di surat edaran sudah jelas poinnya setiap orang dan tamu dilarang bermain virtual game. Kalau karyawan sudah jelas dilarang, apalagi masinis bawa handphone saja tidak diperbolehkan,” papar Eko Budiyanto.

Menurutnya, larangan bermain Pokemon Go itu sebenarnya justru untuk menjaga para penumpang kereta api.

Eko beranggapan bahwa game Pokemon Go bisa berdampak buruk terhadap pelayanan yang disediakan oleh PT KAI terhadap penumpang. Selain itu game berbasis global positioning system (GPS) ini juga dapat mengancam nyawa para penumpang.

Eko mengatakan jika Pokemon Go bisa membuat para penggunanya tak sadar dengan lingkungan sekitar dan hanya akan fokus ke layar telepon genggam yang berada di hadapannya saja.

“Bagaimana jika mereka bermain di stasiun atau di sekitar perlintasan kereta api dan tidak sadar dengan kondisi sekitarnya. Bisa membahayakan keselamatan mereka,” ujar Eko. “Jangan sampai keasyikan main terus jalan sampai rel, nanti itu sangat berbahaya,” imbuhnya.

“Gara-gara bermain Pokemon Go, jangan sampai nanti mau turun Jatinegara malah sampai Gambir. Mau turun di Yogya malah sampai ,” tegasnya.

“Sampai saat ini memang belum ada kejadian seperti itu. Namun, antisipasi tetap harus dilakukan,” kata Eko.

Bila ke depannya ada tanda-tanda seseorang memainkan Pokemon Go di area , maka petugas akan segera menegur penumpang tersebut.

Jika ada pegawai dari PT KAI yang ketahuan bermain Pokemon Go akan langsung memperoleh sanksi dari PT KAI. “Aturan ini berlaku secara nasional dan akan segera kami sebarkan ke seluruh jajaran di Daop VI,” tandasnya.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.