KAI Launching Kereta Bisnis KA Singosari Ekspres Rute Surabaya-Malang

Gerbong-Singosari-Ekspres-yang-masih-sepi
foto:kabarjawatimur.com

Malang – PT Indonesia (KAI) akhirnya meresmikan KA Singosari rute -Malang untuk memenuhi permintaan masyarakat melakukan perjalanan dengan kereta api di akhir pekan.

Executive Vice President KAI Wiwik Widayanti menjelaskan jika Malang adalah salah satu destinasi yang ada di wilayah dan juga Indonesia. Tiap akhir pekan jalanan di kota dan arah ke Malang selalu padat.

“Hotel-hotel juga padat pada akhir pekan,” katanya saat launching Singosari Express di Malang, Jumat (19/8).

Bahkan pihak KAI kerap menolak permintaan di akhir pekan lantaran jumlah kursi kereta yang terbatas.

Oleh sebab itu, demi memuaskan para pelanggan, KAI melakukan peremajaan KA Mutiara Selatan dan mengubahnya jadi KA Singosari Ekspres. KA Singosari Ekspres sendiri terdiri dari 5 kereta kelas bisnis dan berkapasitas 320 kursi. KA Singosari tiap weekend, yakni hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Jam keberangkatan KA Singosari Ekspres dari Surabaya pukul 09.55 WIB, sedangkan dari Malang ke Surabaya pukul 13.15 WIB. KA Singosari kemudian akan kembali dari Malang jam 13.15 WIB dan sampai di Surabaya Gubeng jam 15.14 WIB.

Saat launching kemarin, jumlah penumpang baru 85 orang dari Surabaya. “Maklum ini baru kali pertama,” kata Wiwik.

KAI berharap masyarakat bisa menerima kehadiran KA Singosari Ekspres. Sebab KA Singosari menawarkan yang lebih nyaman dan tak terlalu banyak berhenti di stasiun, oleh karena itu lama perjalanannya relatif cepat, hanya sekitar 2 jam.

“Kami harap tingkat okupansinya bisa mencapai 100%, jika masyarakat sudah mengetahui kereta tersebut,” ujarnya.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.

1 Comment

  1. Hari ini (16 sep) saya baru mencoba singosari express, dan mnrt saya mengecewakan. Malang-sby gubeng yg harusnya tiba jam 15.15, baru tiba satu jam kemudian, jam 16 lewat
    Jika memang mau difungsikan utk mendukung pariwisata, ketepatan waktu tempuh harus jadi prioritas.

Komentar ditutup.