KAI Luncurkan Rail Express, Layanan Kirim Barang Tarif Hemat

Rail Express - @KAI121
Rail Express - @KAI121

JAKARTA – Tidak hanya melayani , (PT KAI) kini juga memiliki layanan baru untuk mengirimkan dan . Bernama Rail Express, layanan ini ternyata sudah diluncurkan perusahaan pada awal Maret 2020 lalu, serta melayani 59 , mulai dari DAOP I hingga DAOP IX di Pulau Jawa.

“Rail Express menggunakan bagasi yang dijalankan khusus sebagai KA Parcel One Night Service (ONS) maupun dirangkaikan pada KA Barang Hantaran Potongan (BHP),” papar Vice President Public Relations PT KAI, Yuskal Setiawan, dilansir Kompas. “Barang yang boleh dikirim cuma dokumen, hewan, sepeda, sepeda motor, produk UMKM, produk industri dan e-commerce.”

Yuskal melanjutkan, barang yang dilarang dikirim antara lain surat atau dokumen berharga bernilai uang, uang tunai, surat berharga, perhiasan, barang berbahaya dan mudah meledak, barang beracun, barang yang mengandung psikotropika dan narkotika, barang atau dokumen yang dilarang menurut ketentuan hukum dan undang-undang yang berlaku, barang atau dokumen cetakan dan foto, serta barang yang mengandung unsur asusila dan pornografi.

Selain punya cakupan yang sangat luas, layanan Rail Express ini juga memiliki yang sangat terjangkau. Untuk pengiriman dari Jakarta menuju Bandung misalnya, konsumen akan dikenakan mulai Rp500 per kg, sedangkan tarif pengiriman Jakarta menuju Surabaya mulai Rp1.500 per kg. Bahkan, untuk pengiriman Bandung ke Cirebon, biaya yang dikeluarkan mulai Rp200 per kg.

“Kami dapat menentukan sarana tercepat untuk mengirim barang atau dokumen ke tempat tujuan yang tidak selalu sama dengan informasi sebelumnya, terutama dalam keadaan terpaksa atau terdapat gangguan yang dapat mengganggu pengiriman ke tempat tujuan,” tambah Yuskal. “Barang atau dokumen yang tidak diambil oleh penerima dalam waktu paling lama 12 jam sejak barang/dokumen sampai di stasiun tujuan, apabila hilang/rusak/menurun kualitasnya maka tidak menjadi tanggung jawab PT KAI.”