KAI Operasikan KA Kamandaka Tambahan untuk Akhir Pekan Ini

KAI-Operasikan-KA-Kamandaka-Tambahan-untuk-Akhir-Pekan-Ini

– PT Indonesia (KAI) Daop IV Semarang melakukan penambahan kapasitas () Kamandaka pada akhir pekan ini untuk mengantisipasi peningkatan jumlah . Satu tambahan rangkaian kereta kelas relasi Semarang Tawang-Purwokerto PP tersebut dioperasikan pada Jumat (18/8) untuk keberangkatan jam 11.00 WIB hingga Senin (21/8) jam 17.00 WIB.

“Weekend ini, kami akan tambahkan sebanyak satu KA kelas eksekutif pada KA Kamandaka relasi Semarang-Purwokerto PP. Tambahan kereta kelas eksekutif pada KA Kamandaka ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan KA, mengingat tingginya permintaan pada saat weekend, mulai Jumat, Sabtu, dan Minggu,” ungkap Edy Kuswoyo, Manajer Humas Daop 4 Semarang, seperti dilansir Solopos.

Satu KA tambahan kelas eksekutif tersebut mampu menampung kapasitas 50 orang. Jika biasanya KA Kamandaka hanya sanggup mengangkut 544 penumpang, maka kini akan bertambah jadi 549 seat. Lebih lanjut Edy menjelaskan bahwa selama ini setiap akhir pekan peminat KA Kamandaka selalu tinggi. “Makanya, untuk akhir pekan ini kami tambahkan kapasitas agar semakin banyak masyarakat pengguna layanan jasa KA yang terlayani, terutama untuk KA Kamandaka,” tutur Edy.

Sementara itu, tiket dari Semarang Tawang/Semarang Poncol untuk tujuan Purwokerto adalah Rp 140.000. Pihak KAI Daop 4 Semarang juga memberlakukan parsial untuk KA Kamandaka keberangkatan dari Semarang Tawang/Semarang Poncol tujuan Waleri maupun Pekalongan dengan tiket Rp 90.000 dan tujuan Pemalang maupun Tegal dikenai biaya Rp 120.000. “ parsial ini juga berlaku dari dan ke tujuan sebaliknya,” kata Edy.

Pihak KAI berharap agar penambahan kapasitas kereta kelas eksekutif KA Kamandaka ini bisa semakin meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan kereta api. Di samping itu, penggunaan kereta api juga diharapkan dapat mengurangi tingkat kepadatan dan kemacetan di jalan raya.

“Pembelian tiket untuk KA tersebut dapat dilakukan di loket stasiun, contact center 121, website tiket.kai.id, KAI Access pada ponsel, minimarket, kantor pos, mesin e-kiosk, dan berbagai channel eksternal,” tandasnya.