Urai Kepadatan Penumpang, KAI Operasikan Stasiun Matraman untuk KRL

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) berencana untuk mengoperasikan Stasiun Matraman untuk menguraikan kepadatan penumpang - suarapemerintah.id

JAKARTA – (PT KAI) berencana untuk mengoperasikan Matraman untuk menguraikan kepadatan imbas penerapan switch over (SO) kelima di Stasiun . Perseroan berharap, Stasiun Matraman dapat dijadikan stasiun alternatif bagi masyarakat yang hendak bepergian menggunakan Jabodetabek.

“Dalam waktu dekat ini, KAI Commuter bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI DAOP 1 akan mengoperasikan Stasiun Matraman yang berada di antara lintas Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba. “Stasiun ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi pengguna untuk naik dan turun selain di kedua stasiun tersebut, serta pengguna yang ada di sekitar wilayah stasiun tersebut.”

Anne melanjutkan, sebagai persiapan pengoperasian Stasiun Matraman, telah dilakukan uji coba perjalanan Jabodetabek, uji coba sistem persinyalan, serta uji coba sarana-sarana operasional perjalanan lainnya oleh KAI Commuter dan PT KAI DAOP 1 Jakarta. Ia memastikan, seluruh pengguna juga sudah dilengkapi dan dapat berfungsi dengan baik sebelum pengoperasian stasiun ini.

“Stasiun Matraman memiliki fasilitas pelayanan pengguna seperti loket, ruang pelayanan barang tertinggal, ruang laktasi, pos kesehatan, toilet, musala, fasilitas untuk pengguna disabilitas, lift, dan eskalator serta area parkir,” sambung Anne. “Untuk keamanan dan , stasiun ini juga dilengkapi dengan CCTV, alat pemadam kebakaran (APAR), sistem alarm kebakaran, serta penangkal petir.”

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan evaluasi pelayanan di Stasiun Manggarai sebagai stasiun transit. Upaya yang telah dilakukan di antaranya mengoptimalkan penggunaan peron 8, perluasan flow pengguna, mengoperasikan 1.054 perjalanan KRL per hari, serta penambahan feeder saat jam sibuk.

“Volume pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai pada dua minggu terakhir rata-rata sebanyak 135-145 ribu orang, dengan volume pengguna transit tertinggi pada Senin, 6 Juni lalu, sebanyak 144.855 orang,” tambah Anne. “Sementara itu, rata-rata volume per hari pengguna KRL yang naik di Stasiun Manggarai sebanyak 12.423 pengguna, dan rata-rata volume per hari pengguna yang turun sebanyak 12.858 pengguna.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*