KAI Palembang Siapkan Tiket Kereta Tambahan Selama Libur Idul Adha

Aida Suryanti, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang - rayapos.com
Aida Suryanti, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang - rayapos.com

Palembang (KAI) Divre III Palembang melakukan antisipasi terjadinya kenaikan jumlah pada libur panjang tahun 2017 ini dengan mempersiapkan kereta api tambahan. KA tambahan yang disiapkan oleh KAI Divre III Palembang mencapai 2.752 per hari dengan total keseluruhan sebesar 19.602 sejak H-3 hingga H+3 Hari Raya .

yang disediakan untuk relasi Kertapati-Lubuklinggau adalah KA Komersial Sindang Marga dan KA Serelo. “Sedangkan relasi Kertapati-Tanjungkarang, tersedia di KA Komersial Limeks Sriwijaya dan KA nya KA Rajabasa,” kata Aida Suryanti, Manager Humas Divre III Palembang, seperti dilansir Kontan.

Sayangnya tiket KA jurusan Palembang-Lubuk Linggau dan Palembang-Tanjung Karang sudah habis terjual sejak H-3. Namun tiket kereta untuk kelas dan bisnis masih tersedia dan bisa dipesan. Menurut KAI Divre III Palembang, kenaikan jumlah penumpang menjelang liburan kali ini masih tergolong normal. “Jadi, kami menyediakan tambahan untuk tahun ini,” imbuh Aida.

Puncak keberangkatan penumpang diprediksi berlangsung pada H-2 dan H-1. Sementara itu, tiket kelas eksekutif dan bisnis tetap berpatokan pada tarif batas bawah dan batas atas. “Untuk Kertapati-Tanjungkarang kelas eksekutif, tarif batas bawah dan atasnya Rp160 ribu-Rp190 ribu, untuk kelas bisnis tarif batas bawah dan atasnya Rp135 ribu-Rp150 ribu,” ungkap Aida.

Sedangkan kereta relasi Kertapati-Lubuklinggau kelas eksekutif, tarif batas bawah dan atasnya Rp 140 ribu – Rp 170 ribu, kelas bisnis Rp 100 ribu – Rp 130 ribu. “Sementara untuk kereta ekonomi Kertapati-Tanjungkarang dan Kertapati-Lubuklinggau tarifnya sama yaitu Rp 32 ribu,” lanjutnya.

Aida menambahkan, calon penumpang yang sudah mempunyai kode booking dari transaksi pemesanan tiket sesuai identitas penumpang yang berangkat bisa melakukan Check In Mandiri (CIM) di mesin CIM yang tersebar di sejumlah stasiun untuk memperoleh boarding pass.

“Selama masa angkutan Idul Adha ini, sudah 11.554 tiket ekonomi yang habis terjual, sedangkan untuk tiket kelas komersial masih tersedia,” tutur Aida. Selain menyediakan tiket tambahan, KAI Divre III juga mempersiapkan posko di stasiun-stasiun keberangkatan untuk mempermudah pelayanan terhadap para penumpang.