KAI Rencana Buka Rute Purwokerto-Bandung Lewat Cikampek dengan KA Komersial

Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto, Dwi Erni Ratnawati - jateng.tribunnews.com

Cilacap – PT Indonesia (KAI) mengumumkan rencana untuk membuka Purwokerto-Bandung lewat Cikampek dengan menggunakan KA kelas bisnis-. Durasi kereta tersebut diperkirakan sekitar 7,5 jam.

“Selama ini, rute Purwokerto-Bandung hanya dilayani KA Serayu jurusan Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen pergi pulang,” ungkap Vice President Daop 5 Purwokerto, Dwi Erni Ratnawati di Sidareja, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (23/2).

Namun nantinya KA kelas yang melalui selatan tersebut tak akan berhenti di Stasiun Bandung, tetapi berhenti di Stasiun Kiaracondong Bandung (stasiun khusus kereta api kelas ). Oleh sebab itu pihak Daop 5 Purwokerto memberikan wacana pembukaan rute Purwokerto-Bandung dengan KA komersial (bisnis dan eksekutif) tetapi lewat jalur utara alias Cikampek.

“Rute yang kami wacanakan itu untuk membidik kelas bisnis dan eksekutif yang akan turun di Stasiun Bandung,” tutur Erni.

Sedangkan Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko menuturkan jika pihaknya kini tengah melakukan survey dengan menyebar kuesioner pada penumpang KA Serayu, baik yang berada di Purwokerto dan Bandung.

Survey tersebut dilakukan untuk mengetahui seperti apa respons pelanggan KA Serayu sehubungan dengan rencana dibukanya rute Purwokerto-Bandung lewat Cikampek. “Kalau memang responsnya bagus dan potensi pasarnya ada, KA komersial yang melayani rute Purwokerto-Bandung lewat Cikampek akan dijalankan. Tetapi kalau potensinya kurang, akan dipertimbangkan,” kata Ixfan.

Lebih lanjut Ixfan mengakui bahwa jarak tempuh rute Purwokerto-Bandung via Cikampek lebih jauh daripada rute Purwokerto-Bandung yang selama ini dilayani KA Serayu relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen.

Jika tidak ada keterlambatan, rute Purwokerto-Kiaracondong Bandung yang dilalui KA Serayu hanya sekitar 6 jam 46 menit. Sementara itu rute Purwokerto-Cikampek dengan KA komersial sekitar 4 jam, dan Cikampek-Bandung hanya 3,5 jam.

“Itu memang patut dipertimbangkan apakah potensial untuk dijalankan atau tidak karena waktunya lebih lama dari KA Serayu,” tandasnya.

1 Comment

  1. Lebih bagus lagi kalau PT KAI menjalankan KA Kelas Komersial dengan rute yang sama dengan KA Serayu cuma KA Serayu bisa sampai Jakarta. Tapi PT KAI bisa memberikan pilihan KA Kelas Komersial untuk, katakanlah, Jakarta – Tasikmalaya dst selain KA Serayu.

Komentar ditutup.