KAI Siapkan Kereta Tambahan Saat Libur Natal & Tahun Baru

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Jogja, Eko Budiyanto - tribunnews.com

– Kereta api kini menjadi salah satu pilihan moda transportasi favorit masyarakat. Pada masa Natal dan Tahun Baru kali ini kereta api diperkirakan akan mengalami lonjakan yang cukup signifikan.

“Peminat angkutan kereta api semakin hari semakin meningkat, tetapi kami akui armadanya memang masih terbatas,” ujar Manager Humas (KAI) Daop 6 Jogja Eko Budiyanto, Jumat (2/11), seperti dilansir HarianJogja.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, jumlah penumpang kereta pada masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) diperkirakan bakal meningkat. Oleh sebab itu, berencana untuk mengoperasikan armada kereta api tambahan agar bisa mengangkut penumpang yang hendak melakukan saat Natal dan Tahun Baru di sejumlah kota.

Dalam masa angkutan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, PT KAI setidaknya melakukan penambahan 3-4 kereta api secara fakultatif. Armada kereta yang biasanya jika pada peak season hanya dioperasikan pada akhir pekan, ketika menjelang Natal dan Tahun Baru maka akan beroperasi setiap hari. “Tahun lalu, kami mengoperasikan KA Argo Dwipangga Fakultatif, KA Argo Lawu Fakultatif, ada juga KA Sancaka Fakultatif,” jelas Eko.

Eko menambahkan, kereta fakultatif tersebut akan melayani relasi ke arah barat dan timur, meliputi Kota , Bandung, Yogyakarta, Solo, hingga Surabaya. Pihaknya mengakui jika permintaan kereta untuk tujuan -Jogja-Solo adalah yang paling banyak diminati.

“Tujuan perjalanan ke Jogja dan Solo, baik dari Jakarta, Bandung maupun Surabaya, penumpangnya selalu gemuk [padat]. Jadi kami berharap pada Natal dan Tahun Baru nanti tambahan kereta api lebih banyak dari tahun sebelumnya, sehingga bisa maksimal melayani permintaan perjalanan ke Jogja maupun Solo, atau sebaliknya,” beber Eko.

Sementara itu, tiket kereta untuk libur Nataru 2018 sudah bisa dipesan sejak H-90 tanggal keberangkatan atau 3 bulan sebelumnya. Oleh sebab itu, agar tidak kehabisan tiket, para calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan saat Natal dan Tahun Baru sebaiknya segera melakukan tiket sejak jauh-jauh hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*