KAI Tambah 8 Stasiun Layani Tes GeNose C19

Ilustrasi : Calon penumpang melakukan tes GeNose C19 - www.antaranews.com

JAKARTA – (KAI) kembali menambah yang melayani pemeriksaan C19. Pada Minggu (23/5) kemarin, perusahaan menambah delapan stasiun yang menyediakan layanan tersebut. Sehingga, jika ditotal, saat ini sudah ada 63 stasiun yang menawarkan pemeriksaan GeNose C19 sebagai salah satu persyaratan bepergian dengan kereta api di masa pandemi COVID-19.

“KAI berkomitmen untuk terus menambah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 dalam rangka memberikan kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan kereta api pada masa pandemi COVID-19,” papar VP Public Relations KAI, Joni Martinus, dilansir Antara. “Penambahan tersebut merupakan sinergi BUMN antara KAI dan Indofarma melalui anak usahanya, Farmalab.”

Delapan stasiun yang saat ini juga melayani GeNose C19 adalah Stasiun Brebes, Haurgeulis, Cikampek, Medan, Tebing Tinggi, Kisaran, Rantau Prapat, dan Tanjungbalai. Perusahaan telah menyiapkan perangkat alat tes GeNose C19 lengkap dengan pendukung, seperti empat buah bilik pengambilan sampel napas, perangkat komputer, ruang tunggu, dan print bagi analis.

“Saat ini pelanggan KA jarak jauh tidak perlu lagi menyertakan surat izin , tetapi pelanggan masih harus melampirkan surat keterangan bebas COVID-19, salah satunya pemeriksaan GeNose C19,” sambung Joni. “Kereta api menjadi moda yang pertama kali menerapkan pemeriksaan GeNose C19, yang secara resmi dilakukan pada 5 Februari 2021. Hingga 22 Mei 2021, KAI telah melayani 1 juta peserta pemeriksaan GeNose C19 di stasiun.”

Joni mengatakan, untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon harus memiliki atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes. Ia juga mengimbau pelanggan merencanakan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dengan baik. Disarankan pemeriksaan dilakukan di hari sebelumnya (dalam kurun waktu kurang dari 24 jam sebelum ) atau tidak terlalu dekat dengan jadwal keberangkatan kereta api.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*