Kalog Milik PT KAI Angkut Semen Tiga Roda

JAKARTA – PT Indonesia (KAI) meresmikan kerja sama pengiriman produksi PT Indocement Tunggal Prakarsa melalui anak usahanya PT Kereta Api Logistics (). Peresmian tersebut ditandai dengan pengangkutan Tiga Roda menggunakan kereta api di Nambo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/12). tersebut akan didistribusikan mulai Stasiun Nambo hingga Stasiun Kalimas di Surabaya, Jawa Timur.

Pengoperasian kereta api logistic (kalog) untuk mengangkut semen ini merupakan yang kedua setelah dilaksanakan pertama kali pada 16 Mei 2013 lalu. Dalam pengangkutan tersebut digunakan dua rangkaian kereta api yang mengangkut semen Tiga Roda.

Rustam Harahap, Direktur Utama Kalog mengatakan, “Sejak Mei 2013 satu rangkaian kereta api bernama KA Nambo I mampu mengangkut semen dengan kapasitas 800 ton per hari. Dengan penambahan rangkaian terbaru akan bisa mengangkut sebanyak 1.600 ton per hari.”

Sementara itu, Ignasius Jonan, Direktur Utama KAI, mengupkapkan bahwa pengangkutan semen menggunakan kereta tersbut dalam rangka mengurangi perusakan jalan raya akibat banyaknya truk yang mengangkut muatan berat seperti semen.

“Selain mengurangi kerusakan jalan, pengangkutan dengan kereta juga berkontribusi mengurangi polusi udara,” ujar Jonan.

Saat ini juga sedang menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan lain untuk pengangkutan logistik menggunakan kereta api. Menurut Jonan, seharusnya mendukung pengangkutan barang dengan kereta api agar jalan tidak mudah rusak.

“Aturan PPN untuk pengangkutan barang dengan kereta api harus dihapus karena tidak ada PPN untuk pengangkutan dengan truk,” tegasnya.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur