Kawasan Stasiun LRT Bekasi Bakal Dibangun Lima TOD

Mobil truk molen yang telah dimodifikasi melintas diatas rel LRT di kawasan Kampung Makasar, Jakarta Timur - tribunnews.com

Kawasan transit oriented development (TOD) di sepanjang lintasan light rail transit () di Kota Bekasi agaknya bisa menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang hendak membeli hunian. Nantinya, ada lima TOD yang bakal dibangun di dekat LRT di Kota Bekasi. pertama sudah dibangun adalah LRT City Bekasi Timur, sedangkan kedua adalah LRT City Jaticempaka.

LRT City Jempaka dilakukan oleh PT Adhi Commuter Properti(ACP), yang merupakan anak usaha konstruksi dari PT Adhi Karya Tbk,” jelas Kepala Bidang Perencanaan Dinas Penataan Ruang Kota Bekasi, Erwin Guwinda, dikutip Tribun News. “Sebenarnya, ada lima TOD yang akan dibangun di dekat Stasiun LRT di Kota Bekasi.”

Ia melanjutkan, lima TOD yang ada di Kota Bekasi berada di titik Bekasi Timur, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jaticempaka. TOD di Cikunir I dan Cikunir II, serta Bekasi Barat masih dalam tahap proses perencanaan yang dalam waktu dekat akan segera dibangun. “Untuk Cikunir I dan Cikunir II, pengembang tengah mempersiapkan pelebaran di sana, untuk memudahkan akses kendaraan,” sambung Erwin.

Setelah pertama dirilis pada September 2017 lalu dan mulai groundbreaking pada Oktober tahun lalu, menara dengan kapasitas 529 unit tersebut telah memasuki proses tutup atap alias topping off. Itu menandai bahwa pekerjaan struktur proyek tersebut telah rampung. “Penjualan ini akan semakin baik setelah pembangunan struktur untuk tower pertama tersebut selesai,” kata Project Director LRT City Jaticempaka – Gateway Park, Ibnu Mahmud Junaidi.

apartemen Gateway Park di dekat Stasiun LRT Jaticempaka yang ditawarkan mulai Rp600 juta sampai Rp1,7 miliar. Selain hunian apartemen, perumahan Permata Cimanggis juga menawarkan kemudahan akses ke Stasiun LRT Cimanggis. “Nantinya, perumahan ini juga dekat dengan pintu exit tol, akses cepat ke jalan raya Bogor,” tutur salah satu marketing bernama Peno.