KCJ Bakal Sediakan Portable Ramp untuk Penyandang Disabilitas di Stasiun

Portable Ramp untuk Penyandang Disabilitas di Stasiun - poskotanews.com

Jakarta Commuter (KCJ) berupaya meningkatkan pelayanannya pada seluruh pengguna dengan menyiapkan portable ramp bagi penyandang disabilitas. Pada Mei 2017 mendatang rencananya setiap yang menjadi pemberhentian commuter line akan dilengkapi portable ramp. Portable ramp sendiri berguna untuk memudahkan yang memakai kursi roda.

Vice President Komunikasi PT KCJ, Eva Chairunnisa, portable ramp adalah alat berupa papan aluminium lipat ukuran 1 x 0,5 meter yang fleksibel dan dapat dipindahkan secara praktis untuk membantu penumpang disabilitas ketika naik atau turun dari KRL dengan kursi roda.

“Sekarang kami sedang buat portable ramp. Target bulan Mei 2017 seluruh stasiun sudah memiliki portable ramp,” ungkap Eva, Jumat (3/3). Pihak KCJ sendiri kini tengah menguji coba prototipe portable ramp dan sedang dalam proses produksi.

Kelak para penyandang cacat dapat dibantu oleh passenger service ketika hendak menggunakan fasilitas tersebut di stasiun. “Pada proses pelayanan yang dilakukan passenger service di stasiun awal akan membantu pengguna disabilitas dengan kursi roda sampai dengan naik ke rangkaian KRL,” jelasnya.

Petugas yang ada di stasiun awal nantinya juga akan menghubungi passenger service di stasiun tujuan untuk memberitahukan nomor kereta dan nomor rangkaian yang ditumpangi oleh penyandang disabilitas tersebut supaya ketika sampai di tujuan bisa memperoleh bantuan dari petugas.

“Peningkatan lainnya untuk memudahkan pengguna disabilitas menggunakan KRL juga telah dipenuhi sebelumnya, seperti penyediaan visual dan audio baik di stasiun atau di KRL, serta pembuatan pintu manual dan khusus disabilitas atau permanent ramp di stasiun,” imbuh Eva.

Dengan adanya penambahan braille floor di sepanjang peron yang terdapat di stasiun, para penyandang tunanetra pun akan lebih terbantu untuk mengetahui petunjuk jalan ketika hendak naik KRL. “Dan sekarang kami lanjut ke penyediaan jalur dan kelengkapan kursi roda di seluruh stasiun,” tandasnya.