Kebakaran Gerbong Tua di PT INKA Madiun

– Sekitar pukul 16.00 WIB, hari ini, Kamis (5/4/2013), terjadi di Madiun. Kebakaran tersebut terjadi di tua di luar gudang .

“Sekitar jam 4 sore warga mencium bau sangit dari dalam pabrik lalu diikuti asap hitam dan tebal. Karena penasaran naik kelantai tiga rumah Pak Setyajit. Ternyata asal dari gerbong tua di luar gudang,” kata Naning, salah seorang warga, kepada detikcom, Kamis (4/9/2013).

Warga yang mengetahui kejadian tersebut segera melaporkannya kepada pegawai PT INKA yang sudah pulang kerja. “Kita kemudian lapor pada Pak Budi pegawai INKA yang merupakan warga Sriminulyo ” imbuh Naning.

Kebakaran di bagian pembersihan ini berlangsung sekitar 30 menit, api berhasil dipadamkan degan 6 alat pemadam kebakaran dan mobil damkar.

“Kebakaran terjadi sekitar jam 16.00 WIB, namun berhasil dipadamkan tim pemadaman internal PT INKA sekitar jam 16.30 WIB. Kita memakai 6 alat pemadam dan mengerahkan semua tim damkar,” kata Bintang Gumilar N, Humas PT INKA, dalam keterangannya.

Penyebab kebakaran gerbong ini karena adanya kelalaian pegawai saat membersihkan kereta api tua di bagian yang terbakar tersebut.

“Dugaan sementara api yang membakar berasal dari percikan gerindra yang digunakan salah satu pegawai saat membongkar kereta api. Bunga api kemudian membakar karpet secara perlahan, saat ditinggalkan kemudian menjadi api,” jelasnya.

Bintang mengatakan, faktor cuaca juga mendorong timbulnya kebakaran. “Tadi cuaca sangat panas dan anginnya kencang, sehingga api cepat membesar dan membakar kereta tua yang sedang dibongkar,” imbuh Bintang.

PT INKA belum bisa mengkalkulasi jumlah kerugian yang diakibatkan kebakaran tersebut. Namun kebakaran ini akan menjadi peringatan dan menambah kehati-hatian ketika bekerja.

“Kita belum menghitung besaran kerugian, tapi kejadian ini akan membuat kita lebih berhati-hati saat bekerja,” pungkasnya.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur