Kecelakaan Kereta Komuter Chapa5 Mengakibatkan 99 Orang Terluka

Buones Aires – komuter

Kecelakaan kereta komuter di Buenos Aires, pada Sabtu, 19 Oktober 2013 mengakibatkan 99 orang terluka kata pejabat setempat.

Sergio Berni, Pejabat Keamanan Argentina mengungkapkan bahwa hingga saat ini tidak ada korban jiwa paska kecelakaan kereta komuter di Sarmiento Line terjadi. Kereta komuter ini menabrak pagar pembatas di pemukiman Balvanera pada pukul 07.35 waktu setempat.

Florencio Randazzzo, Menteri Perhubungan Argentina sebelum berita ini diturunkan pihaknya mengatakan 80 orang telah dirawat dan hanya delapan orang yang masih dalam pengawasan karena lukanya.

“Tidak ada yang terluka serius,” ungkapnya kepada kantor berita resmi Argentina.

Randazzo menyimpulkan penyebab lain dari kecelakaan kereta komuter ini daripada menyimpulkan penyebabnya adalah masalah teknis. Dari laporan awal penyebab kecelakaan kereta komuter ini karena kereta kesulitan mengerem saat menabrak pagar.

Pihaknya mengatakan kereta komuter yang mereka sebut dengan CHAPA 5 ini memiliki sistem inspeksi mekanis terpadu yang dapat memeriksa sistem rem, kompresi dan pemeliharaan umum.

Masinis kereta ini diperiksa dilab apakah sedang mabuk saat mengemudikan kereta ini, dan hasilnya adalah negatif. Pihaknya juga diperiksa apakah sedang berkomunikasi dengan menara pengawas tentang peringatan gangguan dan hasilnya dia tidak berkomunikasi.

Masinis juga mengalami luka ditubuhnya dan kini dia ditahan.

Jaur kecelakaan ini juga telah diperiksa. Saat terjadinya kecelakaan, kereta memiliki kecepatan 22 km perjam. Kecepatan tersebut leboh cepat dibandingkan peraturan saat melaju dijalur tersebut yaitu 12 km perjam.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.