Kedatangan Rombongan Ir. Soekarno di Stasiun Gubeng Difilmkan di Ambarawa

yang semula tenang berubah riuh saat Soekarno (diperankan Ario Bayu) ditemani Mohammad Hatta (Lukman Sardi), Inggit Garnasih (Maudy Koesnadi), Ki Hajar Dewantoro (Agus Mahesa), dan Mansyur (Harry), tiba di .

“Alhamdulillah, berkat Dai Nippon, saya bisa bertemu kembali dengan saudara-saudara di Surabaya,” kata Soekarno – tokoh sentral kelahiran Surabaya itu – dengan lantang sembari mengepalkan tangan kanannya.

suasana syuting film Soekarno di stasiun Ambarawa
Suasana syuting film Soekarno di stasiun

“Bung Karno, Bung Karno, Bung Karno.. Merdeka, merdeka, merdeka,” teriak rakyat yang menyambut kedatangan rombongan para tokoh revolusi, diperankan 750 figuran sambil mengepalkan tangannya ke atas.

Spanduk ucapan selamat datang untuk Soekarno juga bertebaran, dibentangkan para pemain figuran di penjuru stasiun . Para pemain figuran itu sebagian besar adalah warga yang tinggal di sekitar stasiun. Semua orang yang datang menyambut Soekarno itu mengenakan baju kusam tempo doeloe.

Adegan yang mengambil lokasi di Stasiun Ambarawa untuk menggambarkan stasiun “Soerabaia Goebeng” itu menceritakan tentang rombongan Soekarno yang tiba di Surabaya usai melakukan perjalanan dengan kereta api berloko mesin uap dari Jakarta melalui Semarang dan Yogyakarta pada tahun 1942.

Untuk keperluan syuting film “Soekarno Djaja” di Ambarawa, Hanung menggunakan lokasi di Lembaga Pemasyarakatan Klas II Ambarawa, dan di Stasiun Ambarawa. Hanung juga memanfaatkan kereta uap Ambarawa untuk syuting film itu.

Kereta uap yang sudah tua itu kini telah menjadi kereta wisata, dan bisa disewa. Tarifnya beragam, mulai Rp 4 juta sampai Rp 7,5 juta sekali jalan.

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.