Keluarkan Percikan Api, KRL Tujuan Bogor Nyaris Terbakar

Eva Chairunnisa, Vice President Manager Komunikasi PT KCJ
Eva Chairunnisa, Vice President Manager Komunikasi PT KCJ

Jakarta Commuter Line (KCJ) bernomor KA 1846 tujuan Bogor sempat mengalami insiden. Bagian bawah KRL dilaporkan dan mengeluarkan percikan api. Rupanya insiden terbakarnya KRL ini sudah mulai dirasakan dari UI.

Tetapi karena kondisinya tak memungkinkan untuk berhenti, maka KRL tersebut terus melanjutkan perjalanan ke arah Stasiun Pondok Cina untuk melakukan evakuasi .

“Terasa terbakar saat kereta di stasiun UI, tapi karena kereta tidak mungkin berhenti di tengah jalan, dikhawatirkan penumpang ada yang luka, keseleo dan sebagainya maka diberhentikan di Stasiun Pondok Cina,” ujar Vice President Corporate Communication Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunisa, Jumat (16/12).

“Iya betul kebakar. Awal kebakarnya di gerbong belakang dekat gerbong wanita. Kejadian begitu cepat. Untungnya kereta udah berhenti,” ujar salah seorang penumpang bernama Qomarudin.

Ketika masuk di Stasiun Pondok Cina, para penumpang pun langsung dievakuasi. Kemudian pada pukul 17.43 WIB KRL yang mengalami masalah itu dialihkan ke Dipo KRL Depok untuk diperbaiki. “Kereta langsung ditarik ke Dipo Depok, penumpang langsung dievakuasi,” tutur Eva.

Saat gerbong terbakar para penumpang sempat panik. “Iya pada panik semua, takutnya api merembet ke gerbong lain. Untung saya udah di luar. Ada cewek yang pingsan, saya lihat digotong,” aku Qomarudin.

Pihak KCJ pun memberangkatkan satu rangkaian KRL Commuter Line dari Dipo Depok untuk mengangkut para penumpang yang gerbongnya terbakar sebelumnya. “Untuk mengantisipasi penumpukan penumpang, PT KCJ telah memberangkatkan rangkaian kereta pengganti,” tandas Eva.