Kembali Beroperasi, KA Tawang Jaya Premium Tambahan Layani Semarang-Jakarta PP

Kembali Beroperasi, KA Tawang Jaya Premium Tambahan Layani Semarang-Jakarta PP

PT Indonesia () Semarang kabarnya berencana mengoperasikan kembali api Tawang Jaya Premium Tambahan dengan rute Semarang Tawang-Pasar Senen . Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan untuk relasi Semarang-Jakarta PP.

Pengoperasian dalam masa uji coba tersebut akan dilakukan PT KAI DAOP IV Semarang mulai tanggal 15 Januari hingga 21 Januari 2018 mendatang. Namun, jika animo dari masyarakat cukup besar, bukan tidak mungkin pengoperasian kereta ini akan diperpanjang.

“Kereta api Tawang Jaya Premium Tambahan menggunakan rangkaian kereta kelas ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk per , yang membawa delapan , ditambah dengan satu kereta makan,” jelas Kepala Humas PT KAI DAOP IV Semarang, Suprapto, seperti diberitakan Republika. “Jadi, total kapasitas kereta Tawang Jaya Premium Tambahan ini mampu menampung sebanyak 640 penumpang untuk setiap keberangkatan.”

Jika menumpang kereta ini, masyarakat akan dimanjakan dengan bangku yang lebih luas dan nyaman ketimbang kereta kelas ekonomi pada umumnya, posisi sandaran kursi yang bisa diubah, interior yang eksklusif, dan lain sebagainya. Kereta ini sendiri bakal berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pukul 20.20 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pada pukul 03.05 WIB. Sementara, rute sebaliknya berangkat pukul 06.55 WIB dan dijadwalkan tiba di Semarang pukul 13.35 WIB.

“Diharapkan dengan kehadiran KA Tawang Jaya Premium Tambahan ini, selain memperlancar mobilitas warga Semarang dan Jakarta, juga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah Jawa Tengah yang sedang menggalakkan program promosi Jateng Wow 2018,” sambung Suprapto. “Pertumbuhan jumlah penumpang di wilayah PT KAI DAOP IV sendiri terus menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun, dengan mencatat 5.808.033 penumpang pada tahun 2017 lalu, atau naik 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 5.395.516 penumpang.”