Kemristek Hibahkan 400 hektar Lahan untuk Penelitian Monorel dan MRT Dalam Negeri

– Menteri Riset dan Teknologi Gusti M Hatta mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk memberdayakan lahan milik PUSPIPTEK (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) di daerah Serpong, Tangerang Selatan. menghibahkan 400 hektar lahannya itu untuk dijadikan lahan uji coba transportasi massal. Sehingga, sistem transportasi seperti , , dan bisa diujicobakan di itu.
Gusti mengatakan, lahan tersebut saat ini masih belum dipakai. Pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait persoalan administrasi dan persoalan teknis dan non teknis yang terkait.

“Kita menyiapkan lahan kita sudah bicara secara informal dengan Menhub, beliau antusias sekali. Di Serpong itu ada lahan ratusan hektar. Kalau mau sebagai test track itu bisa,” kata Gusti saat ditemui di Kantor Badan Standarisasi Nasional, Jakarta, Selasa (11/6/2013) oleh Detik.com.

Selain itu, dia juga mengatakan, anak bangsa pun mampu membuat proyek infrastruktur sekelas monorel dan MRT. Beberapa waktu lalu, Gusti didatangi perwakilan produsen monorel dalam negeri untuk mengadakan dialog.

“Kita juga sudah bisa bikin. Ada produsen monorel itu bagus kalau tidak salah iya asal Bekasi. Tapi kami hanya mengobrol, saya antarkan ke Gubernur DKI. Karena pengembangan kita sifatnya hanya dari penelitian saja, kalau industri ranahnya ke Kementerian Perindustrian,” pungkasnya. [Yud/DTC]

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.