Keren, Kini Stasiun Tugu Yogya Dilengkapi Executive Lounge Mirip Bandara

Stasiun Tugu Yogya Dilengkapi Executive Lounge Mirip Bandara

(KAI) terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanannya terhadap para . Belum lama ini meresmikan executive lounge di pada Sabtu (22/4) kemarin. Ruang tunggu nyaman mirip ini sekaligus jadi yang pertama di Indonesia dan akan segera dibangun di sejumlah stasiun besar lainnya.

“Executive Lounge ini merupakan pertama yang dibangun di lingkungan PT KAI. Nanti juga rencananya akan dikembangkan di stasiun lainnya,” kata Direktur Utama PT KA Pariwisata, Totok Suryono.

Ruang tunggu eksklusif yang dinamakan Anggrek Executive Lounge ini sengaja dibangun untuk memberi kenyamanan pada pengguna jasa . Anggrek Executive Lounge memiliki kapasitas sekitar 100 seat dan dilengkapi fasilitas seperti makanan prasmanan, makanan tradisional, snack atau coffee break, musala, smoking room, dan free WiFi.

pertama executive lounge ini di Stasiun Yogyakarta karena Yogyakarta merupakan destinasi yang selalu menarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Demikian dengan Stasiun Yogyakarta yang merupakan ikon kota Yogyakarta dan berada di lokasi yang strategis di kawasan wisata kota Yogyakarta,” jelasnya.

Ditambah lagi volume penumpang yang naik kereta api wisata tujuan Yogyakarta selama ini memang cukup tinggi. “Dalam sebulan 60% dari total perjalanan adalah ke Yogya. Rata-rata 30-40 perjalanan yang ke Yogya,” ungkapnya.

“Fasilitas ini tidak hanya dibangun oleh KAI, tetapi juga dikelola sendiri oleh kami. Rencananya, ada enam executive lounge yang akan dibangun, selain di Jogja nanti juga akan dibangun di Gambir, Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Solo,” kata Totok.

“Keberadaan lounge ini menjadi salah satu upaya kami dalam upaya peningkatan fasilitas dan kenyamanan pelanggan kereta api. Stasiun Jogja ini masih memiliki banyak interest area yang kami harap ke depan Kereta Api Pariwisata dapat memaksimalkan pemanfaatannya,” sambung Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro.

Dibangunnya executive lounge ini diharapkan dapat menambah kesan modern namun juga tetap mempertahankan kesan tradisional dari Stasiun Tugu. Pasalnya Stasiun Tugu juga merupakan bangunan cagar budaya di Jogjakarta.