Kerennya Japan Railways dan Stasiun di Jepang

merupakan alat utama di . Tujuh perusahaan regional Jepang atau , meliputi hampir sebagian besar kota dan desa di Jepang. Selain , terdapat juga perusahaan kereta api milik swasta, pemerintah daerah, serta kerjasama antara swasta dengan pemerintah daerah.

Sebagian besar rel kereta api di Jepang dilengkapi aliran listrik dengan panjang total rel mencapai 23.670 km.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati kerennya kereta Jepang, Japan Railways sebagai perusahaan kereta api terbesar di Jepang menyediakan kereta khusus untuk wisatawan.

JR Pass

JR Pass atau Japan Rail Pass merupakan tiket kereta kereta khusus yang ditawarkan bagi turis. JR Pass yang ditawarkan , berlaku untuk semua jaringan kereta Japan Railways di Jepang, termasuk kereta Shinkansen Hikari dan Kodama, serta beberapa jaringan Japan Railways bus dan kapal ferry.

JR Pass hanya bisa dibeli oleh wisatawan yang berasal dari luar Jepang dengan menunjukkan passport asli bervisa dengan status “temporary visitor”.

Ada 2 macam JR Pass yang disediakan, yakni Standard Car dan Green Car. Green Car lebih mahal dibanding Standard Car, namun masing-masing memiliki berbeda untuk anak-anak dan dewasa. Sedangkan untuk masa berlaku, JR Pass terdiri dari 3 kategori, yaitu 7 hari, 14 hari, dan 21 hari. JR Pass Standard Car yang berlaku 7 hari dan dibeli di Indonesia, berharga 28.300 Yen yang dibayarkan dengan Rupiah tergantung kurs hari transaksi.

JR Pass yang dibeli di Indonesia berupa kertas kwitansi seperti tiket kereta manual biasa. Ketika tiba di Jepang, tiket tersebut harus ditukarkan dengan kartu JR Pass. Penukaran bisa dilakukan di airport maupun kereta.

Bagian belakang JR Pass akan distempel dengan tanggal berlakunya. Ketika ingin masuk peron, pemilik JR Pass tidak melalui gate otmatis, melainkan menunjukkan JRpass kepada petugas dengan memperlihatkan tanggal di bagian belakang, maka petugas akan memberikan jalan untuk masuk peron.

Jika wisatawan melalui jalur yang tidak dilalui Japan Railway Group, mereka bisa membeli tiket satuan di stasiun dengan harga 200-500 yen. Atau dapat juga membeli tiket harian dalam kota tertentu atau membeli day pass unlimited untuk 1 hingga 7 hari.

Kondisi Stasiun di Jepang

loker penitan barang di dalam stasiun
LokerPenitipan Barang yang Disewakan

Ketika berwisata, tentunya seorang wisatawan tidak ingin direpotkan dengan barang bawaan. Untuk barang bawaan yang tidak ingin dibawa tour, bisa dititipkan di loker penitipan barang yang pasti ada di setiap stasiun. Harga penyewaan loker bergantung pada ukuran loker dan durasi penyimpanan. Semakin besar ukuran dan semakin lama menyimpan barang diloker, tentunya harga loker juga akan semakin mahal.

Tempat koper dengan pengaman
Tempat Meletakkan Koper Berkode

Namun, jika ingin membawa serta koper atau barang bawaan, kereta di Jepang juga menyediakan tempat menyimpan koper berkode. Tempat untuk menyimpan koper dengan kode ini disertai spesifikasi kode kreasi sendiri.

Papan informasi dengan 3 bahasa
Papan dengan 3 Bahasa

Di setiap stasiun di Jepang dilengkapi dengan papan informasi dalam 3 bahasa, yaitu Jepang, Korea, dan Inggris. 3 bahasa pada papan informasi ini ditujukan agar mempermudah para wisatawan yang tidak bisa berbahasa Jepang.

ATM dan Vending Machine Tiket kereta
Mesin ATM dan Vending Machine Tiket

Untuk membeli tiket, penumpang bisa membeli di vending machine yang letaknya berdekatan dengan mesin ATM yang diatasnya terdapat peta jalur kereta api. Peta berwarna-warni ini menunjukkan jalur mana saja yang akan dilalui kereta.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur