KA Anjasmoro Relasi Jombang-Pasar Senen Beroperasi Lagi

Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas KAI Daop 7 Madiun - kanalindonesia.com
Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas KAI Daop 7 Madiun - kanalindonesia.com

Madiun – PT Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun kembali mengoperasikan KA Anjasmoro yang melayani relasi Jombang-Stasiun Pasar Senen, Jakarta pergi pulang (PP) mulai tanggal 1 September 2020 kemarin. Akan tetapi, operasional KA Anjasmoro itu bukan untuk jangka panjang, tetapi hanya untuk 15 hari ke depan.

“Pengoperasian kembali KA Anjasmoro tersebut karena tingginya minat dan antusiasme untuk bepergian dengan api pada era kebiasaan baru atau normal baru ini,” kata Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko di Madiun, Senin (31/8), seperti dilansir Republika.

Ixfan menambahkan, untuk sementara KA Anjasmoro akan beroperasi mulai tanggal 1-15 September 2020. Sebelumnya sudah ada 30 KA jarak jauh dan jarak menengah, serta 19 perjalanan KA lokal yang dioperasikan oleh KAI Daop 7 Madiun hingga saat ini. Dengan adanya KA Anjasmoro, maka perjalanan KA yang sudah beroperasi kembali mencapai 51 perjalanan.

“Terhitung mulai 4 September, jumlah KA yang akan beroperasi di wilayah Daop 7 Madiun menjadi sejumlah 57 perjalanan, yang terdiri dari KA jarak jauh, menengah, dan KA lokal,” jelas Ixfan, seperti dilansir Republika.

Menurut Ixfan, sejak bulan Agustus 2020 lalu memang sudah terjadi peningkatan jumlah . Oleh sebab itu pihaknya kembali mengoperasikan KA Anjasmoro. Sebelumnya, KA ini sempat sepi penumpang dan terpaksa berhenti beroperasi karena menurunnya minat masyarakat seiring dengan adanya pandemi (Covid-19).

Sebagai informasi, selama bulan Agustus 2020 terdapat 182.037 penumpang yang telah dilayani oleh PT KAI Daop 7 Madiun, termasuk masyarakat yang berangkat dari Stasiun Kertosono dan Kota Nganjuk. Adapun KA Anjasmoro relasi Jombang-Pasar Senen dijadwalkan tiba di Stasiun Kertosono pukul 21.56 dan berangkat jam 21.59 WIB. Sedangkan untuk Stasiun Nganjuk akan tiba pukul 22.18 WIB dan diberangkatkan lagi pukul 22.20 WIB.

KA Anjasmoro relasi Pasar Senen-Jombang masuk di Stasiun Nganjuk pukul 16.53 WIB dan berangkat pukul 16.55 WIB. Kemudian di Stasiun Kertosono tiba jam 17.15 WIB dan berangkat lagi pukul 17.18 WIB.