KA Argo Cheribon Kembali Beroperasi di Akhir Pekan Selama Desember 2020

KA Argo Cheribon tujuan Gambir, jakarta - tribunnews.com

(KAI) Cirebon, Jawa Barat kembali mengoperasikan selama bulan Desember 2020 untuk melayani masyarakat yang hendak bepergian dari Cirebon ke atau sebaliknya.

“Selama bulan Desember kami kembali mengoperasikan KA Argo Cheribon,” ungkap Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif, Sabtu (5/12), seperti dilansir Bisnis. KA Argo Cheribon sendiri hanya dioperasikan pada akhir pekan lantaran permintaan masyarakat cukup tinggi.

Selama kembali, KA Argo Cheribon hanya melayani 2 , yakni dari Cirebon pukul 06.15 dan sampai di Stasiun Gambir Jakarta jam 09.43 WIB. “Sementara untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir yaitu pukul 17.30 WIB sampai di Stasiun Cirebon pukul 20.44 WIB,” ungkapnya.

tiket api hanya dilayani secara , baik lewat aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan kanal penjualan tiket lainnya. Pihak KAI sendiri sudah menetapkan masa posko angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) sejak tanggal 18 Desember 2020 sampai 6 Januari 2021 atau selama 20 hari. “Setiap hari, rerata ada 74 perjalanan KA penumpang jarak jauh yang melintas di Daop 3 selama masa itu,” jelas Luqman.

Dalam mengantisipasi musim hujan yang bertepatan dengan masa angkutan Nataru, pihak KAI Daop 3 Cirebon juga menyiagakan 50 petugas pemeriksa jalur (PPJ) ekstra dan 14 petugas penjaga daerah rawan ekstra yang akan bertugas mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas Daop 3 Cirebon.

“Daop 3 Cirebon juga menyiapkan AMUS atau Alat Material untuk siaga berupa batu balas atau kricak, bantalan rel, pasir, dsb yang ditempatkan di 9 titik mulai dari Stasiun Pabuaran, Pegadenbaru, Telagasari, Jatibarang, Cirebon, Cirebon Prujakan, Luwung, Sindanglaut, Ciledug,” katanya.

Sedangkan dari aspek sarana pada masa angkutan Nataru, KAI Daop 3 Cirebon mempersiapkan 12 unit lokomotif, 92 armada kereta, dan 1 unit crane. “Semua sarana ini dalam kondisi siap operasi untuk mendukung kelancaran perjalanan KA,” tutup Luqman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*