Libur Panjang, KAI Daop 3 Cirebon Operasikan 4 Perjalanan KA Argo Cheribon

Suprapto, Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon - cirebonraya.pikiran-rakyat.com
Suprapto, Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon - cirebonraya.pikiran-rakyat.com

Cirebon – Dalam rangka mengantisipasi lonjakan pada momen libur panjang kali ini, PT Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon mengoperasikan 4 KA Argo Cheribon. Sejak tanggal 25-27 Mei 2022, penumpang di Daop 3 Cirebon meningkat hingga 9.310 orang. Lonjakan penumpang itu diprediksi terus berlangsung sampai Minggu (29/5) dengan jumlah penumpang melebihi 3.000 orang per hari.

“Pengoperasian perjalanan tersebut lantaran diprediksi peningkatan jumlah penumpang akan terus berlangsung hingga Minggu 29 Mei 2022 dengan jumlah penumpang di atas 3.000 orang per hari,” ungkap Manajer Humas Daop 3 Cirebon Suprapto di Kota Cirebon, Jumat (27/5), seperti dilansir dari Bisnis.

Lebih lanjut Suprapto menjelaskan, selama arus balik libur panjang pihaknya menyediakan 5 KA yang diberangkatkan dari Cirebon dengan tujuan DKI Jakarta. “Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, terdapat  92 perjalanan KA Jarak jauh yang beroperasi, terdiri dari 5 KA pemberangkatan awal dari Daop 3 Cirebon yani 4 KA Argo Cheribon relasi Cirebon – Jakarta dan 1 KA Ranggajati relasi Cirebon – Surabaya – Jember. Sebanyak 87 KA merupakan pemberangkatan dari Daop yang lainnya seperti Jakarta, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya dan Bandung,” jelas Suprapto.

Adapun keempat perjalanan kereta api dengan pemberangkatan awal di Stasiun Cirebon relasi Cirebon – di antaranya, berangkat dari Stasiun Cirebon pukul 05.00 WIB, berangkat jam 06.05 WIB, keberangkatan pukul 13.45 WIB, dan pukul 16.05 WIB.

“Kami mengakomodir minat masyarakat yang tengah melakukan liburan dengan moda transportasi yang aman dan nyaman. Kami juga menyediakan pemberangkatan awal di Stasiun Cirebon sesuai dengan animo pelanggan,” terang Suprapto.

Sampai saat ini, PT KAI Daop 3 Cirebon juga masih menerapkan protokol sesuai dengan Surat edaran (SE) yang berlaku seperti, pelanggan KA Jarak Jauh yang telah mendapatkan vaksin kedua dan vaksin ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Tes Antigen pada saat proses boarding. “PT KAI Daop 3 Cirebon selalu memastikan agar seluruh pelanggan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan ,” tandasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*