KA Bandara Adi Soemarmo Solo Siap Beroperasi 20 Desember 2019

Abdullah Usman, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo - today.line.me
Abdullah Usman, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo - today.line.me

(KA) Bandara yang menghubungkan Solo Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah dijadwalkan beroperasi penuh pada tanggal 20 Desember 2019 mendatang, bersamaan dengan rampungnya pengerjaan tersebut.

“Kalau peresmiannya tanggal 24 Desember 2019, rencananya akan dihadiri Pak Jokowi,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman di Solo, Jawa Tengah, Kamis (5/12), seperti dilansir Bisnis.

Lebih lanjut Usman menuturkan, kelak akan ada 2 rangkaian kereta yang dioperasikan sebagai KA Bandara Adi Soemarmo. Kedua rangkaian kereta tersebut diperkirakan datang secara bergantian tiap 19 menit sekali. “Jadwalnya juga akan disesuaikan dengan kedatangan dan keberangkatan pesawat. Mulai beroperasi sejak pukul 04.00 WIB karena pesawat paling pagi pukul 06.55 WIB,” ungkap Usman.

Guna memudahkan para calon yang hendak naik KA Bandara, pihaknya pun akan menyediakan loket untuk check in di Stasiun Solo Balapan. Dengan demikian, yang turun dari kereta bandara pun sudah dapat langsung check in di stasiun. “Akan ada empat tempat check in yang kami sediakan, tiga di antaranya ada di bandara dan satu disediakan di Stasiun Balapan,” jelas Usman.

Sementara itu, nantinya KA Bandara Adi Soemarmo diperkirakan dipatok di angka Rp10.000 sampai Rp15.000 per penumpang. dengan KA Bandara Solo pun akan singgah di Stasiun Kadipiro.

Beberapa waktu lalu, Manager Humas Daop VI (Persero) Eko Budiyanto mengungkapkan jika pihak KAI telah mempersiapkan 2 rangkaian kereta api yang digunakan untuk melayani para penumpang relasi Stasiun Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo. “Saat ini kedua kereta api tersebut masih kami fungsikan sebagai KA Solo Ekspres relasi Solo-Yogyakarta,” beber Eko.

Dengan dioperasikannya KA Bandara Solo merupakan salah satu usaha pemerintah untuk menerapkan sistem interkoneksi antar moda . Calon penumpang bandara dari Yogyakarta dan Madiun misalnya, diharapkan dapat naik KA reguler ke Stasiun Balapan, lalu pindah naik KA bandara. Sementara itu, calon penumpang dari kota lain dapat naik bus dan turun di Terminal Tirtonadi Solo, lalu berjalan ke Stasiun Balapan dengan memanfaatkan fasilitas skybridge yang kini telah tersedia.