KA Bandara Adi Soemarmo Solo Siap Diresmikan 20 Desember 2019

Abdullah Usman, General Manajer PT Angkasa Pura I, Bandara Adi Soemarmo - kadinjateng.com
Abdullah Usman, General Manajer PT Angkasa Pura I, Bandara Adi Soemarmo - kadinjateng.com

Solo (KA) Adi Soemarmo-Solo Balapan sudah mendekati rampung. Pihak PT Angkasa Pura (AP) I Adi Soemarmo pun mengungkapkan kapan tepatnya KA Solo akan diluncurkan, yaitu mulai 20 Desember 2019 mendatang dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami rencanakan diresmikan RI1. Semoga tidak ada kendala. Sebenarnya dari bandara sudah siap, begitu pula dengan KA bandaranya. Pekerjaan tinggal menyisakan rel,” kata General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, Selasa (22/10), seperti dilansir Solopos.

Abdullah menjelaskan bahwa infrastruktur penghubung dan pendukung KA Bandara Solo sudah siap, yaitu terminal baru di Bandara Adi Soemarmo yang telah beroperasi sejak Rabu (14/8) lalu. Terminal keberangkatan baru dengan 3 lantai ini langsung terhubung dengan ruang tunggu Stasiun KA Bandara yang terletak di lantai 2.

Sementara itu, terminal baru tersebut mempunyai counter check in lebih banyak, yaitu mencapai 26 konter jika dibandingkan terminal lama yang hanya ada 18 konter. Fasilitas pendukung terminal baru juga lebih lengkap, mulai dari lift difabel, lift , eskalator, toilet (termasuk toilet difabel), dan lain-lain.

“Dari bandara sudah kelar, PT KAI juga rampung [peron, ruang tunggu, dan Stasiun KA Bandara]. Pembebasan tanah sudah selesai. Ini tinggal rel yang belum, ada empat lokasi yang belum terkoneksi. Pekerjaan ini di bawah tanggung jawab Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah I Jawa Tengah,” tuturnya.

Manager Humas (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta, Eko Budiyanto mengungkapkan jika pihaknya mempersiapkan 4 trainset untuk melayani 2 bandara, masing-masing 2 train set untuk relasi Solo Balapan-Stasiun Bandara Adi Soemarmo dan Yogyakarta-Wojo (Bandara Internasional Yogyakarta). “KA Bandara ini menggunakan KA yang kini difungsikan sebagai KA Solo Ekspres relasi Solo-Jogja pergi pulang,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Komisaris PT PP Andi Gani Nena Wea menyatakan jika pembangunan KA Bandara Adi Soemarmo ini bisa membantu mobilitas penumpang dari Kota Solo ke Bandara Adi Soemarmo yang menjadi lebih singkat, hanya 40 menit. “Dengan beroperasinya kereta api bandara tersebut jarak tempuh dari Bandara Adi Soermarmo ke Stasiun Solo Balapan hanya 15 menit,” tutur Andi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*