Ada PSBB, KA Bandara Soetta Berhenti Beroperasi Sampai 31 Mei 2020

Kereta Bandara Soekarno-Hatta
Kereta Bandara Soekarno-Hatta - www.suara.com

Tangerang menghentikan sementara operasional menuju Internasional Soekarno-Hatta karena pandemi (Covid-19) yang saat ini sedang melanda Indonesia. KA Soetta akan dihentikan operasinya sejak tanggal 12 April hingga 31 Mei 2020 depan.

“Hal ini sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 dan mendukung penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar () di DKI ,” ungkap Mukti Jauhari selaku Plt Direktur Utama PT Railink, Jumat (10/4), seperti dilansir Tribunnews.

Tak hanya KA Bandara Soetta, Railink pun menghentikan sementara KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) Solo, Jawa Tengah sampai batas waktu yang masih belum ditentukan. Operasional KA BIAS terpaksa dihentikan karena sepinya di tengah pandemi virus corona dan diberlakukannya Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di Jakarta, Jumat (10/4).

“Kami kurang tahu sampai kapan KA Bandara Adi Soemarmo bisa kembali beroperasi normal. Saat ini kondisi wabah COVID-19 juga belum ada tanda-tanda membaik,” ungkap Humas Bandara Adi Soemarmo Solo, Danar Dewi di Solo, Jumat (10/4).

Danar mengungkapkan, sejak Kota Solo mengeluarkan status kejadian luar biasa (KLB) Covid-19, jumlah penumpang pesawat di Bandara Adi Soemarmo terus mengalami penurunan. Pemberlakuan PSBB di Jakarta pun berimbas pada sepinya penerbangan Solo-Jakarta. “PT Angkasa Pura I mencatat penurunan penumpang sampai 80 persen dibandingkan kondisi normal. Awalnya turun 60 persen,” terangnya.

Sebelumnya, PT Railink pun sudah menerapkan sejumlah upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Misalnya saja dengan memberlakukan physical distancing, pembersihan kereta dan stasiun secara rutin, penyemprotan cairan disinfektan, penyediaan hand sanitizer, pembagian masker, pengukuran suhu tubuh penumpang, hingga mewajibkan semua penumpang untuk memakai masker ketika menggunakan layanan KA bandara, baik di area stasiun dan dalam kereta.

Untuk penumpang yang sudah mempunyai bisa melakukan pengembalian 100% dengan menyertakan bukti dan bukti transaksi ke email [email protected] co.id. “PT. Railink akan terus memantau perkembangan situasi dan akan melakukan langkah antisipasi yang diperlukan untuk memulai kembali layanan KA Bandara nantinya saat situasi mulai membaik,” paparnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*