Kereta Api Borneo juga akan Mengangkut Penumpang

Prospek Borneo ke depannya bakal beralih jadi multifungsi. Tak hanya mengangkut hasil tambang dan perkebunan seperti batubara atau kelapa sawit, moda ini juga akan dimanfaatkan sebagai alat pengangkut penumpang.

Pengembangan rencana ini terpampang jelas setelah Wakil Presiden Jusuf Kalla secara lisan mengakui penyetujuannya untuk dilakukan perubahan pada Menteri Perhubungan (Menhub). Jadi, nantinya kereta api yang jalurnya akan dibangun oleh Russian Railways di ini akan berfungsi secara multipurpose. “Sejak awal untuk agar Kalimantan tidak terisolasi,” ujar Jusuf Kalla saat ditemui di kantornya, kemarin (26/10).

Adapun yang dimaksudkan Jusuf Kalla adalah Peraturan Nomor 38 Tahun 2015 tentang Kerja Sama dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur. Semula fungsi jalur kereta api borneo adalah kereta api khusus pengangkut hasil bumi Kalimantan Timur, dengan dilakukannya perubahan peraturan itu maka nantinya bisa sekaligus menjadi jalur transportasi publik atau kereta angkut penumpang. “Makanya ada aturan yang harus diubah,” perjelasnya.

Masih menurut JK, panggilan akrab Jusuf Kalla, ini sudah sejalan dengan nawa cita pemerintahan. Aapalagi didukung dengan rencana pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan. “Sejak awal infrastruktur kan untuk agar Kalimantan tidak terisolasi, sehingga menyebabkan , Sawit atau hasil kebun lain bisa bagus harganya keluar,” pungkasnya.