PT KAI Daop 1 Jakarta Luncurkan 8 Kereta Bertema Kemerdekaan

Kereta bertema kemerdekaan - terkini.com

Jakarta – PT Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta baru saja meluncurkan 8 tematik bertema kemerdekaan untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. 

“PT KAI menghias delapan kereta dengan nuansa atau tematik merah-putih, hal ini merupakan pertama kalinya dilakukan PRT KAI untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia,” kata Executive Vice President PT KAI Dadan Rudiansyah di Jakarta, Sabtu (17/8), seperti dilansir Republika.

Lebih lanjut Dadan menuturkan, bahwa selain merilis 8 kereta tematik yang bernuansa kemerdekaan, pihak PT KAI Daop 1 Jakarta pun memamerkan foto-foto sejarah perkeretaapian dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Salah satu foto yang menarik adalah upaya penyelamatan Bung Karno, Bung Hatta, dan seluruh anggota kabinet ke Yogyakarta menggunakan rangkaian kereta api luar biasa dari Manggarai.

Tak ketinggalan, guna semakin meningkatkan minat masyarakat untuk beralih ke moda kereta api, KAI Daop 1 Jakarta juga memberlakukan Rp 0 atau untuk 5 kereta lokal pada saat 17 Agustus 2019 kemarin. PT KAI Daop 1 Jakarta sendiri sengaja menggratiskan KA lokal karena menilai momen 17 Agustus 2019 kemarin adalah pesta rakyat, oleh sebab itu mereka ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat untuk merayakan ke-74.

Selain itu, pemberlakuan tarif nol rupiah pun untuk langkah sosialisasi menggunakan transportasi massal kereta api. Adapun kereta-kereta lokal yang digratiskan adalah kereta api Jatiluhur Cikampek-Tanjung Priok (PP), kereta api Siliwangi dengan Ciranjang-Cianjur-Sukabumi (PP), kereta api Patas Merak/Merak Jaya Merak – Rangkasbitung (PP), kereta api Cilamaya-Cepat Purwakarta Purwakarta-Tanjung Priok (PP), dan kereta api Walahar Expres/ Lokal relasi Tanjung Priok-Purwakarta (PP).