PT KAI Fokus Kembangkan Aplikasi KAI Access untuk Mudahkan Pelanggan

Kuswardoyo, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung - jabar.tribunnews.com
Kuswardoyo, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung - jabar.tribunnews.com

Bandung () kini sedang fokus dalam mengembangkan KAI Access supaya dapat mengintegrasikan antar moda. Langkah ini dilakukan guna memudahkan akses penumpang menuju dan setelah menggunakan KA.

“Untuk saat ini KAI Access pengembangan lebih berfokus terhadap integrasi e-moda/integrasi angkutan antara moda,” jelas Manajer Humasda Daop 2 Bandung Kuswardoyo, Rabu (15/9), seperti dilansir Bisnis. Salah satu contoh pengembangan KAI Access adalah mengintegrasikan taksi Bluebird, baik dalam hal pemesanan dan pembayaran. “Seperti yang terakhir adalah integrasi dengan layanan taksi bluebird beserta pembayarannya yaitu di tanggal 30 Agustus 2021,” tuturnya.

Ke depannya, pihak PT KAI berencana untuk mengimplementasikan integrasi serupa dengan moda transportasi yang lain. Di samping itu, KAI Access juga tengah dikembangkan untuk menambah metode pembayaran supaya dapat memudahkan para penumpang ketika bertransaksi menggunakan KAI Access.

“Mengingat kondisi pandemik juga, KAI Access berupaya untuk mendukung program dalam menanggulangi pandemik, seperti rencana integrasi dengan Pedulilindungi,” jelas Kuswardoyo. Sedangkan dari segi pemesanan tiket menggunakan aplikasi KAI Access kabarnya secara keseluruhan sudah mencapai hampir 43 persen. “Melalui loket 10% dan sisanya mitra,” tuturnya.

Aplikasi yang telah diluncurkan sejak tahun 2018 lalu ini telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna sampai Agustus 2021. Menurut VP Public Relations PT KAI Joni Martinus, keberadaan aplikasi KAI Access dapat mengurangi kontak fisik antara pegawai dan melalui pembelian online, pembatalan online, dan reschedule online yang sebelumnya dilakukan di loket.

“Kemudian pada saat boarding, petugas tidak perlu lagi mengecek tiket pelanggan, karena sudah tersedia fitur e-. Terdapat juga fitur pemesanan pre order makanan di kereta yang akan digunakan,” terang Joni.

Fitur-fitur kabarnya sengaja dihadirkan untuk membantu PT KAI menerapkan protokol di masa pandemi Covid-19 sekaligus untuk memberi kemudahan bagi para pengguna jasa. Halaman depan KAI Access menampilkan proses pembelian tiket lengkap dengan cara memesan sampai pembayaran. Selain kotak pemesanan, ada juga fitur penambahan, pembatalan, dan ubah jadwal perjalanan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*