Cegah Virus Corona, PT KAI & Railink Sediakan Hand Sanitizer di Stasiun

Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas KAI Daop 7 Madiun - kanalindonesia.com
Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas KAI Daop 7 Madiun - kanalindonesia.com

Jakarta – Virus corona saat ini sudah mulai memasuki kawasan Ibu Kota, oleh sebab itu warga Jakarta pun diimbau untuk senantiasa menjaga kebersihan dan . Sebagai langkah preventif, PT Railink melakukan sosialisasi sekaligus mengedukasi masyarakat untuk mencegah potensi penyebaran virus corona (Covid-19), terutama di area dan (KA) .

Salah satu usaha yang dilakukan PT Railink adalah dengan menyediakan hand sanitizer di 7 Stasiun KA Bandara (Medan dan Jakarta). Di samping itu, PT Railink mengimbau para yang akan memakai KA Bandara untuk selalu menjaga kebersihan tangannya, terutama sebelum memegang mulut, hidung, dan mata usai menyentuh instalasi publik.

Penumpang juga diimbau untuk mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas selama setidaknya 20 detik. Setelah mencuci tangan dengan air, keringkan menggunakan handuk atau kertas sekali pakai. Apabila tidak ada fasilitas cuci tangan, bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70-80%.

Selain memberikan sejumlah imbauan, Railink pun telah melakukan sosialisasi sejak awal Februari 2020 lalu seperti membagikan masker di Stasiun KA Bandara Medan dan Jakarta. Railink pun memastikan kebersihan kereta dengan melakukan pencucian dan pembersihan interior KA Bandara dengan desinfektan untuk mencegah penyebaran virus.

Tak hanya Railink, (KAI) Daop 7 Madiun pun melakukan upaya pencegahan dengan membuka layanan cek kesehatan penumpang dan melakukan sosialisasi. “Karena maraknya isu penyebaran virus corona, maka kereta api sebagai salah satu moda yang memiliki mobilitas tinggi turut berupaya memberikan edukasi agar para jasa KA lebih meningkatkan kewaspadaannya terhadap bahaya penyebaran virus corona,” ujar Manager Daop 7, Ixfan Hendriwintoko, Selasa (3/3) sore, seperti dilansir Tribunnews.

Pencegahan dilakukan di 7 stasiun besar Daop 7, yakni Stasiun Madiun, Stasiun Nganjuk, Stasiun Kertosono, Stasiun Jombang, Stasiun Kediri, Stasiun Tulungagung, dan Stasiun Blitar. Langkah pencegahan yang dilakukan adalah memasang spanduk dan roll banner yang berisi peringatan virus corona dan penyediaan pos kesehatan.

“Hari ini, Selasa (3/3/2020) kami telah menyediakan hand sanitizer yang kami tempatkan di beberapa titik di stasiun besar tertentu yang ada banyak naik turun penumpang. Sebelumnya, Daop 7 juga membagikan sebanyak 5.500 masker kepada para penumpang dan petugas yang ada di lapangan,” tuturnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*