Kereta Api India

Masyarakat di India sangat akrab dengan . Untuk bepergian dari satu kota ke kota lainnya, menjadi pilihan mayoritas penduduk India dibandingkan dengan naik pesawat. Hal ini disebabkan karena di India begitu murah dengan kelas dengan tempat tidur deck.

Sebagai contoh, untuk antar kota yang memakan waktu 12-13 jam, tarif kereta api di India hanyalah sebesar Rp.50.000 sekali jalan. Dengan tersebut anda sudah mendapatkan sebuah deck untuk beristirahat selama perjalanan.

Selain kelas ekonomi, kereta api India juga menyediakan tiket kelas dengan , sama seperti di Indonesia. Kereta api kelas eksekutif ini tentunya lebih nyaman dan bersih, juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti televisi, serta juga makan pagi, siang, dan malam. Dengan fasilitas yang lebih unggul, kereta api eksekutif di India tentunya juga lebih mahal dibandingkan dengan kelas ekonomi.

Secara umum, Kereta api di India terbagi menjadi 3 kelas, yaitu:

Economy Sleeper Class

Fasilitas: 3 berth (tempat tidur) yang diletakkan bersusun, kipas angin, toilet umum

Harga Tiket: 200 rupee

AC 3 Tier

Fasilitas: 3 berth (tempat tidur) yang diletakkan bersusun, AC, toilet umum, televisi

Harga Tiket: 800 rupee

AC 2 Tier

Fasilitas: 2 berth (tempat tidur) dengan tirai, selimut, dan bantal, AC, toilet umum, televisi, welcome drink + snack, breakfast, lunch, dinner, free coffee/tea/mineral water

Harga Tiket: 1600 rupee

Di India, pemesanan tiket kereta api dilakukan maksimal 1 bulan sebelumnya. Hal ini dilakukan karena minat masyarakat terhadap transportasi kereta api di India sangatlah besar. Bisa juga disebut bahwa kereta api adalah salah satu alat transportasi utama di India.

Jalur kereta api di India dibangun di pegunungan. Jalur kereta api ini dibangun pada awal abad kesembilan belas pada masa penguasaan India oleh Inggris. Hingga hari ini, jalur kereta api India yang melajur di sepanjang pegunungan di India ini masih dioperasikan dan yang dijalankan oleh Indian Railways.