Uji Coba Lancar, Jalur Kereta Api Cibatu-Garut Ditarget Beroperasi Februari 2020

Fredi Firmansyah, Executive Vice President KAI Daop 2 Bandung - www.galamedianews.com
Fredi Firmansyah, Executive Vice President KAI Daop 2 Bandung - www.galamedianews.com

Garut – PT Indonesia (KAI) melakukan uji coba rute Cibatu-Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jalur sejauh 19 km tersebut ditargetkan mulai beroperasi pada bulan Februari 2020 mendatang.

“Akhir (Januari) atau awal Februari sudah launching, untuk operasional sudah bisa dilakukan,” ujar Executive Vice President KAI Daop 2 Fredi Firmansyah di Garut, Kamis (23/1), seperti dilansir Antara.

Adapun dalam proses uji coba, lokomotif pertama yang tiba di Stasiun Garut sekitar pukul 12.15 dan disambut antusias oleh warga sekitar. Fredi menjelaskan, uji coba ini dilakukan guna menguji kekuatan rel. Walaupun proyek reaktivasi jalur KA itu masih belum selesai 100%, rel dari Cibatu-Garut telah terhubung. “Ini baru uji coba. Keseluruhan uji cobanya bagus. Kami akan tetap tambah yang kurang secara teknis. Misal penambahan ballast (bagian dari badan jalan kereta api tempat penempatan bantalan rel),” ucap Fredi.

Sementara itu, lain seperti bangunan akan dilakukan oleh KAI secara bertahap. “Rencananya akhir Januari atau awal Februari sudah launching. Untuk operasional sudah bisa dilakukan. Untuk bangunan nanti menyusul,” beber Fredi.

Lebih lanjut Fredi menambahkan, ketika pertama beroperasi kelak, pihak KAI akan menggratiskan kereta Cibatu-Garut. Guna menarik minat masyarakat luas, KAI akan mengoperasikan kereta kelas ekonomi di jalur tersebut. “Satu gerbong itu maksimal 100 kelas ekonomi. Ada tujuh gerbong dalam satu rangkaian kereta. Uji coba dulu. Kalau dibutuhkan, nantinya bisa ada kereta eksekutif,” ujar Fredi.

Saat ini proyek reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut masih pada tahap pengerjaan pembangunan stasiun di Cibatu dan Garut. Sedangkan untuk sementara nantinya ketika kereta mulai beroperasi, KAI masih akan menggunakan stasiun lama. “Tinggal pengembangan satu tahun ke depan untuk fasilitas lain seperti bangunan stasiun baru dan lainnya,” paparnya.

Fredi pun mengungkapkan, jika kelak pembangunan Stasiun Garut dan Cibatu rampung, maka kedua stasiun itu bakal menjadi stasiun termegah di Indonesia. “Nanti jika sudah selesai dibangun, akan jadi stasiun termegah di Indonesia,” tandasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*