KA Kalijaga Tak Lagi Beroperasi Per 1 Desember 2019?

Suharyanto, Kepala Stasiun Solo Balapan - solo.tribunnews.com
Suharyanto, Kepala Stasiun Solo Balapan - solo.tribunnews.com

Solo () rupanya akan menghentikan operasional (KA) Kalijaga yang melayani Poncol Semarang – Solo Balapan mulai tanggal 1 Desember 2019 mendatang. Masih belum diketahui apa alasan KA Kalijaga akan berhenti beroperasi. Padahal jalur tersebut termasuk salah satu yang banyak peminatnya lantaran tiket KA Kalijaga juga disubsidi oleh .

Pada Selasa (12/11) lalu KA Kalijaga masih beroperasi di Stasiun Solo Balapan dan datang pada pukul 11.44 WIB dengan mengangkut penumpang dari Stasiun Poncol Semarang. Kepala Stasiun Solo Balapan Suharyanto sendiri memang membenarkan wacana tersebut. Sayangnya Suharyanto belum bersedia menjelaskan secara detail terkait penghentian operasional KA Kalijaga. “Langsung ke Daop ( Daop VI ). Yang jelas semua program KA di komersialkan,” ujarnya, seperti dilansir Jawapos.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Humas Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto justru belum mengetahui kabar mengenai berhenti beroperasinya KA Kalijaga. Eko hanya menjelaskan jika status KA Kalijaga merupakan kereta api subsidi dan statusnya penugasan dari pemerintah pusat. “Jadi sistemnya pakai kontrak. Sampai kapan kontraknya habis belum tahu. Kalau nanti diperpanjang, kontraknya diperbaharui lagi. Intinya kami ikut dengan pemerintah saja,” katanya.

Namun dalam Grafik KA (GAPEKA) status KA Kalijaga sendiri sudah tidak tertera jadwalnya. “Iya di Gapeka sudah tidak ada tapi saya kurang tahu soal itu, yang jelas sudah tidak ada di Gapeka,” sambung Eko.

Sementara itu, pihak PT KAI Daop 4 Semarang membenarkan jika KA Kalijaga rute Stasiun Poncol Semarang – Solo Balapan akan berhenti beroperasi per 1 Desember 2019. Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiantoro membenarkan kabar itu. “Iya betul. Itu rangkaian dari Solo, Semarang tidak tahu dan jamnya juga sudah bisa digantikan Joglokerto,” ungkapnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*