Tarif Murah, Jumlah Pengiriman Barang Rail Express Meningkat 73%

Joni Martinus, VP Public Relations PT KAI - www.jurnas.com
Joni Martinus, VP Public Relations PT KAI - www.jurnas.com

pengangkutan ritel dari PT Indonesia (KAI), Rail Express berhasil membukukan kenaikan angkutan barang sebesar 73% pada bulan Juni 2020 atau telah mengangkut 10.581 ton barang dibandingkan bulan Mei 2020 yang hanya sebanyak 6.103 ton.

“Kami sangat mengapresiasi pelanggan KAI yang telah mempercayakan pengiriman barangnya melalui Rail Express. Kami akan terus meningkatkan layanan Rail Express yang murah, cepat, aman,” kata Humas KAI Joni Martinus di Jakarta, Kamis (23/7), seperti dilansir dari Antara.

Joni menambahkan, kirim menggunakan Rail Express, misalnya dari Jakarta ke Bandung hanya Rp600 per kilogram, Jakarta ke Rp1.500 per kg, dan Jakarta ke pun cuma Rp1.700 per kg. Tarif yang dikenakan adalah minimal 5 kg, kecuali untuk angkutan sepeda motor dihitung berdasar kapasitas mesin. Dengan demikian, untuk pengiriman barang dengan berat di bawah 5 kg tetap dikenai tarif yang sama. “Meski murah, KAI tetap menjamin keamanan barang dan selalu memberikan pelayanan yang maksimal,” jelas Joni.

Ia mengungkapkan bahwa layanan Rail Express meliputi hampir semua barang ritel, termasuk paket, motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan sebagainya. Untuk mengirim barang lewat Rail Express, para pelanggan cukup menyerahkan barang ke loket Rail Express di dan mengambilnya di loket Rail Express tujuan. Hingga kini jasa pengiriman barang Rail Express telah tersedia di 60 yang ada di Pulau Jawa.

Khusus untuk bahan pangan, Rail Express melayani pengiriman bahan pokok, biji-bijian, buah, hewani, makanan olahan, rempah-rempah, sayur, susu, dan telur. Pada Juli 2020, angkutan pangan yang dilayani Rail Express jumlahnya mencapai 693 ton, naik 49% dari bulan Mei 2020 sebanyak 464 ton.

“Rail Express membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para pelanggan KAI untuk mengirim berbagai jenis komoditas termasuk hortikultura seperti mangga, jeruk, jamur, bawang, dan sebagainya ke berbagai tujuan,” beber Joni.

Apabila masyarakat ingin mengetahui besaran tarif Rail Express secara rinci, dapat menghubungi contact center KAI di 021-121. “Untuk tarif per rute secara detail hub Contact Center KAI di 021-121, email [email protected], dan sosmed KAI 121,” tutupnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*