Meski Sudah Diizinkan Kemenhub, PT KAI Belum Operasikan Kembali Kereta Jarak Jauh

Eva Chairunisa, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta - www.tribunnews.com
Eva Chairunisa, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta - www.tribunnews.com

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memperbolehkan kembali beroperasinya semua moda antar kota dan antar provinsi mulai Kamis, 7 Mei 2020. Akan tetapi, PT Indonesia (Persero) mengungkapkan bahwa jarak jauh masih belum beroperasi pada Kamis (7/5). Operasional kereta jarak jauh rencananya masih menanti perkembangan kebijakan ke depannya.

Walau demikian, Kereta Rel Listrik (KRL) yang dikelola anak usaha KAI, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) masih beroperasi selama masa pandemi (Covid-19). “Untuk hari ini belum ada kereta jarak jauh yang beroperasi nanti kami informasikan kembali perkembangannya,” kata Kepala Humas KAI Daerah Operasi 1 Eva Chairunisa, Kamis (7/5), seperti dilansir CNN Indonesia.

Tak jauh berbeda, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 9 Jember, Jawa Timur juga belum berencana membuka rute kereta jarak jauh. Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember Mahendro Trangbawono, saat ini masih belum ada instruksi pembukaan kembali operasional kereta, khususnya di wilayah Daop 9 Jember.

“Daop 9 Jember tetap mengacu kepada instruksi dari Direktur PT KAI yang menutup seluruh operasional kereta api mulai tanggal 24 April hingga 31 Mei mendatang,” jelas Mahendro di Jember, Kamis (7/5).

yang hendak membatalkan perjalanan mudik pun masih dapat mengajukan refund, baik secara online atau datang langsung ke stasiun yang telah ditunjuk. Tiket perjalanan yang dibatalkan akan dikembalikan 100% dalam waktu 3 hari kerja.

“Kami dari PT KAI Daop 9 Jember sampai sekarang tidak ada kereta api penumpang yang beroperasi. Jadi tetap seluruh angkutan KA penumpang di PT KAI Daop 9 Jember berhenti beroperasi sementara. Namun sampai saat ini sedang dilakukan pembahasan. Dan bagi yang ingin membatalkan tiket kereta api masih tetap bisa,” ungkap Mahendro.

Pembukaan kembali perjalanan KA masih menanti informasi lebih lanjut dari direksi PT KAI. Apabila ada instruksi pembukaan kembali, maka pihak KAI Daop 9 Jember siap untuk mengoperasikan lagi KA sesuai perjalanan yang ada. “Kami siap membuka kembali perjalan kereta api, jika sudah ada instruksi pembukaan. Di Daop 9 Jember sendiri ada 12 perjalanan kereta api, yang terdiri dari kereta api lokal, kereta api jarak menengah dan jarak jauh,” tandas Mahendro.