Hari Kesehatan Nasional, KAI Operasikan Rail Clinic di Stasiun Cigombong

Masyarakat memeriksakan mata gratis di Rail Clinik di Stasiun Cigombong
Masyarakat memeriksakan mata gratis di Rail Clinik di Stasiun Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat - antaranews.com

Cigombong – Dalam rangka memperingati Hari Nasional (HKN) yang ke-55, PT Indonesia (KAI) menyediakan atau kereta kesehatan di Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa (12/11).

Menurut Executive Vice President Daop 1 Jakarta , Dadan Rudiansyah, itu diadakan untuk menyediakan kesehatan gratis bagi masyarakat yang bermukim di sekitar Stasiun Cigombong. “ kesehatan gratis yang dapat dinikmati masyarakat di dalam Rail Clinic adalah kesehatan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, pemeriksaan laboratorium, serta farmasi,” ujar Dadan, seperti dilansir Antara.

Dalam kegiatan tersebut, PT KAI menyediakan tim kesehatan sebanyak 28 personel, yang terdiri dari 5 dokter umum, 1 dokter gigi, 2 bidan, 1 ahli mata atau optik, 2 tenaga laboratorium, serta 17 personel perawat dan apoteker. Dalam acara bakti sosial tersebut setidaknya terdapat 310 masyarakat yang turut mendaftar Rail Clinic.

Para warga yang terdaftar dalam program Rail Clinic itu merupakan hasil pendataan secara langsung oleh Puskesmas Cigombong yang telah bekerja sama dengan PT KAI Daop 1 Jakarta. “Kegiatan bakti sosial ini juga diisi dengan pembagian kacamata gratis bagi 60 anak yang berasal dari SDN Cigombong l, SDN Cigombong 2, SDN Cigombong 3, SDN Cigombong 4,” ucap Dadan.

Tak cukup sampai di situ, kegiatan pun diisi dengan pemberian gizi tambahan pada 40 ibu hamil yang memeriksakan kandungan, pembagian 300 paket sembako pada warga yang memeriksakan kesehatan, sekaligus sosialisasi terkait keselamatan perjalanan kereta api di wilayah Daop 1 Jakarta, khususnya pada lintas Bogor-Sukabumi. “Rail Clinic merupakan bentuk kegiatan tanggung jawab sosial PT KAI (CSR) kepada masyarakat. Kami berharap kegiatan ini mampu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat,” bebernya.

Pada kesempatan tersebut, pihak KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan Rail Clinic generasi keempat, yang di dalam satu rangkaian terdiri dari 2 kereta klinik dan 2 kereta perpustakaan (rail library). “Selain buku-buku manual, di Rail Library juga tersedia berbagai fasilitas modern seperti e-library atau pc perpustakaan elektronik berupa enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak,” tutupnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*