Sambangi Sukabumi, Rail Clinic Beri Pelayanan Kesehatan Gratis untuk Warga di Stasiun Cisaat

Rail Clinic Layani Pemeriksaan Kesehatan - republika.co.id
Rail Clinic Layani Pemeriksaan Kesehatan - republika.co.id

Sukabumi – PT Indonesia (KAI) kembali menghadirkan Rail Clinic dan Rail Library di Sukabumi. Kini giliran yang bermukim di sekitar Cisaat, Kabupaten Sukabumi yang memperoleh . Rail Clinic atau kereta merupakan terobosan untuk melayani masyarakat yang jauh dari jangkauan sarana kesehatan dengan memanfaatkan kereta api.

“Kita pun PT KAI Daop 1 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi dan Puskesmas Cisaat. Kali ini, kita adakan di sekitar wilayah Stasiun Cisaat, tepatnya di Kelurahan Cisaat Kecamatan Cisaat,” kata Executive Vice President PT KAI Daop 1 Dadan Rudiansyah, Kamis (24/10), seperti dilansir Sukabumiupdate.

Dalam kegiatan bakti sosial tersebut PT KAI Daop 1 Jakarta menyiagakan tim kesehatan sebanyak 26 personel yang terdiri dari 4 dokter umum, 2 dokter gigi, 2 bidan, 2 ahli mata/optik, 2 tenaga laboratorium, dan 14 personel termasuk perawat dan apoteker. Adapun armada Rail Clinic tersebut terdiri dari 4 rangkaian kereta. 

“Jadi layanan kesehatan gratis yang didapat oleh masyarakat dalam Rail Clinic ini adalah layanan kesehatan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, pemeriksaan laboratorium serta kefarmasian,” imbuh Dadan.

Tak hanya pelayanan pengobatan gratis, pihak KAI pun membagikan sebanyak 53 kacamata pada siswa SDN Mangkalaya, SDN Sawah Lega, SDN Selaawi, sekaligus melakukan sosialisasi terkait keselamatan kereta api di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta, khususnya di lintas Bogor-Sukabumi. “Mungkin karena perkembangan zaman, jadi banyak anak kecil yang sudah pakai kacamata. Sebab, mereka sudah banyak yang memakai gadget,” tutur Dadan.

Dalam kegiatan tersebut juga terdapat pemberian gizi untuk 40 ibu hamil berupa susu kehamilan dan vitamin, serta pembagian paket sembako untuk warga yang memperoleh layanan kesehatan di Rail Clinic. “Ada juga Rail Library yang dirancang secara khusus sebagai tempat edukasi dengan fasilitas perpustakaan manual yang memiliki beragam buku bagi anak-anak hingga dewasa,” ungkap Dadan.

Lebih lanjut Dadan menambahkan, PT KAI setidaknya memiliki 4 Rail Clinic yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. “Ada di Jawa sama Sumatra. Semuanya terus keliling,” tandas Dadan.