Rail Clinic Giliran Mampir Beri Pengobatan Gratis di Stasiun Nagreg

Rail Clinic Pengobatan Gratis di Stasiun Nagreg - www.galamedianews.com
Rail Clinic Pengobatan Gratis di Stasiun Nagreg - www.galamedianews.com

Bandung (KAI) bekerja sama dengan PT Raharja mengadakan acara bakti sosial menggunakan armada atau Rail Clinic generasi IV di Nagreg, Selasa (24/9). Adapun di Stasiun Nagreg ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) KAI.

“Menyambut HUT pada 28 September, kami di Daop 2 menempatkan rail clinic di Stasiun Nagreg untuk memberikan layanan pengobatan gratis kepada masyarakat,” ujar Executive Vice President Daop 2 Bandung Fredi Firmansyah, seperti dilansir Republika.

Ada berbagai layanan kesehatan yang dilaksanakan di dalam gerbong kereta kesehatan tersebut, mulai dari pemeriksaan kesehatan, gigi, mata, kandungan, dan laboratorium. “Ada empat kereta, yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda, yaitu kereta 1 untuk farmasi dan bersalin, kereta 2 untuk monitoring EKG dan Poli Gigi,” beber Fredi.

Lebih lanjut Fredi memaparkan bahwa rail clinic adalah kereta khusus untuk layanan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dan hanya dapat dilalui oleh kereta. “Kami akan terus mengembangkan rail clinic ini, akan terus diberikan inovasi sesuai kebutuhan masyarakat,” papar Fredi.

Tak hanya kereta kesehatan, dalam armada Rail Clinic juga dilengkapi dengan Rail Library atau perpustakaan yang memuat berbagai buku bacaan dan juga perpustakaan digital. Fasilitas tersebut ada di kereta 3, ada pula ruang belajar dan ruang rapat. Sedangkan kereta 4 merupakan perpustakaan yang memuat berbagai buku bacaan.

Tak cukup sampai di situ, pihak KAI Daop 2 pun memberikan kacamata dan penyuluhan kesehatan gigi gratis pada siswa sekolah dasar (SD). “Ada 25 kacamata yang diberikan kepada siswa SD 3 Nagreg. Selain itu, kami pun memberikan penyuluhan keamanan dan keselamatan perkeretaapian kepada mereka. Sedangkan kesehatan gratis diberikan kepada warga Desa Nagreg RT 01, 02, dan 03,” papar Fredi. Kegiatan bakti sosial semacam ini diharapkan dapat membantu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat di daerah-daerah. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*