KAI Daop 7 Madiun Sediakan Layanan Kesehatan Gratis di Stasiun Saradan

Wisnu Pramudyo
Vice President PT KAI Daop 7 Madiun Wisnu Pramudyo - aboutcirebon.id

Madiun – PT Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun mengadakan menggunakan atau kesehatan untuk masyarakat yang tinggal di sekitar Saradan, Kabupaten Madiun pada Rabu (21/8). Setidaknya terdapat 300 orang yang diundang untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Kegiatan bakti sosial tersebut adalah bagian dari pelayanan dan juga bentuk kepedulian sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). “Pengalaman tahun lalu yang datang dua kali lipatnya. Untuk yang di sini (Stasiun Saradan) saya perkirakan juga sama,” kata Vice President Daop VII Madiun, Wisnu Pramudyo, seperti dilansir Jatimnet.

Lebih lanjut Wisnu memaparkan, pemeriksaan kesehatan gratis yang diberikan oleh pihaknya adalah pelayanan kesehatan primer atau tingkat pertama yang meliputi pemeriksaan umum, gigi, kesehatan ibu anak, mata, laboratorium sederhana (gula darah, asam urat, dan kolesterol), dan penyuluhan kesehatan. Pelayanan kesehatan tersebut dilayani oleh 31 tenaga medis. “Kegiatan ini merupakan CSR (Corporate Social Responsibility) kami di BUMN untuk negeri,” ungkap Wisnu.

Usai pemeriksaan kesehatan warga, acara tersebut dilanjutkan dengan pembinaan dan sosialisasi terkait keselamatan dan keamanan kereta api oleh petugas dari unit pengamanan. Selain 300 warga di sekitar Saradan, ada pula 102 siswa dari 2 SD yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Tidak hanya pengobatan gratis, kami Daop VII Madiun juga memberikan 50 kacamata gratis untuk siswa-siswi SD dan masyarakat kurang mampu. Kacamata gratis ini diberikan setelah dilakukan pemeriksaan mata terlebih dahulu tentunya,” papar Wisnu.

Pada kesempatan kali ini, PT KAI menggunakan Rail Clinic generasi ke-4. Selain dilengkapi 2 kereta layanan kesehatan, ada pula 2 kereta perpustakaan dengan nama Rail Library. Dalam kereta pustaka tersebut dilengkapi sejumlah buku bacaan pengetahuan yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang datang. “Dalam kegiatan ini, kami melibatkan 31 tenaga medis dan dua orang yang bertugas di Rail Library dengan dibantu 14 railfans dan support dari tiap-tiap unit dengan total 97 personel,” tandas Wisnu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*