KA Sawunggalih & Wijayakusuma Akan Beroperasi Kembali

Supriyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto - rri.co.id
Supriyanto, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto - rri.co.id

Jakarta – PT Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 5 akan kembali mengoperasikan KA Sawunggalih Kutoarjo-Purwokerto-Pasarsenen dan KA Wijayakusuma Cilacap-Kroya-Surabaya Gubeng-Ketapang. Pengoperasian kedua kereta tersebut dilakukan setelah berhenti sementara untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran virus (Covid-19).

“Hanya saja, dua KA reguler tersebut untuk sementara hanya dijalankan setiap akhir pekan,” ujar Manajer Humas KAI Daop V Purwokerto Supriyanto, Selasa (4/8), seperti dilansir Antara. Supriyanto mengungkapkan, KA Sawunggalih dan KA Wijayakusuma untuk sementara ini hanya dijalankan pada tanggal 7-9, 14-16, 21-23, dan 28-30 Agustus 2020.

Tak hanya dua kereta api tersebut, beberapa kereta reguler jarak jauh yang melewati wilayah KAI Daops V Purwokerto pun akan kembali dioperasikan pada bulan Agustus 2020. Adapun kereta tersebut meliputi KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong, KA Senja Utama Solo relasi Solo Balapan-Pasar Senen, dan KA Mataram rute Pasar Senen-Solo.

“Sama halnya dengan KA Sawunggalih dan KA Wijayakusuma, pengoperasian KA Pasundan hanya dilakukan setiap akhir pekan, yakni pada  7-9, 14-16, 21-23, dan 28-30 Agustus 2020. Sementara untuk KA Senja Utama Solo dan KA Mataram hanya dioperasikan pada tanggal 9, 17, 23, dan 30 Agustus 2020,” beber Supriyanto.

Pihak KAI sebelumnya sudah mengoperasikan kembali beberapa KA reguler jarak jauh dan menengah, baik yang setiap hari atau yang hanya dengan setiap hari Kamis sampai Senin. KA reguler jarak jauh dan menengah yang sudah kembali setiap hari adalah KA Bengawan relasi Purwosari-Purwokerto-Pasar Senen, KA Serayu Pagi relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasar Senen, KA Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong, serta KA Kamandaka relasi Purwokerto-Semarang.

Sedangkan untuk KA yang beroperasi tiap Kamis sampai Senin adalah KA Bima relasi -Malang PP, KA Turangga relasi Surabaya Gubeng--Gambir, KA Joglosemarkerto relasi Purwokerto-Solo-Semarang-Purwokerto, dan KA Kamandaka Malam relasi Semarang-Purwokerto. “Selama Agustus ini, KA Bima, KA Turangga, KA Joglosemarkerto, serta KA Kamandaka Malam dijalankan pada tanggal 6-10, 13-17, 19-24, dan 27-31,” ujarnya.

untuk semua kereta api yang sudah beroperasi kembali tersebut bisa dilakukan lewat mobile KAI Access, situs resmi kai.id, dan semua mitra resmi tiket KAI.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*