Sejumlah Stasiun Kereta Api Bakal Ganti Nama, Ini Daftarnya

Stasiun Banyuwangi Baru - www.tiketkai.com
Stasiun Banyuwangi Baru - www.tiketkai.com

Banyuwangi – Sejumlah di wilayah () Daerah Operasional (Daop) 9 Jember akan berganti nama. Ketiga yang berganti nama itu antara lain Banyuwangi Baru (BW) menjadi Ketapang (KTG), Karangasem (KNE) menjadi Banyuwangi Kota (BWI), dan Arjoso (AJ) menjadi Arjasa (AJ) di Jember.

“Perubahan nama stasiun tersebut dilakukan guna meningkatkan dan kenyamanan KA. Selain itu mempertimbangkan saran masukan dari pengguna KA dan para stakeholders. Diharapkan nantinya dengan perubahan nama stasiun tersebut dapat memudahkan pengguna KA merencanakan perjalanannya saat melakukan pemesanan ,” kata Vice President Daop 9 Jember, Joko Widagdo, Kamis (28/11), seperti dilansir Beritajatim.

Perubahan nama stasiun tersebut juga diikuti dengan perubahan keberangkatan . Hal ini seiring dengan penerapan Grafik KA (Gapeka) 2019 yang sudah ditetapkan lewat Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik KA Tahun 2019 PT KAI (Persero).

PT KAI sendiri akan mulai menerapkan Gapeka 2019 mulai tanggal 1 Desember 2019 mendatang. Ada beberapa stasiun lain yang juga berganti nama. Korporat Deputi Direktur Operasi PT Kereta Api Indonesia, Heri Siswanto menjelaskan jika perubahan nama stasiun tersebut berdasar usulan dari masing-masing Daop.

Misalnya saja Stasiun Barat yang akan berganti nama menjadi Stasiun Magetan (MAG). “Stasiun Barat ini satu-satunya stasiun di Magetan. Bupatinya bersurat ke Pak Dirut untuk adanya perubahan nama,” ungkap Heri di Jakarta, Senin (25/11).

Selain itu, Stasiun Paron juga akan berubah namanya menjadi Stasiun Ngawi (NGW). Dengan pergantian nama-nama stasiun baru tersebut, masyarakat diharapkan bisa lebih memerhatikan perubahan yang terjadi. “Ini penting, nantinya ke masyarakat. Nantinya ketika melihat lokasi untuk KA ada perubahan. Yang biasanya turun di Barat jadi Magetan. Ini tidak ada stasiun Barat berubah ke Magetan,” tandas Heri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*