Jumlah Penumpang Kereta di Stasiun Kepanjen Naik 14% Jelang Libur Nataru

Penumpang Kereta Api - www.viva.co.id
Penumpang Kereta Api - www.viva.co.id

Malang kereta api menjelang 2019 dan 2020 di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur mengalami kenaikan sebesar 14%. Lonjakan penumpang ini juga terlihat dari antrean penumpang yang cukup padat di loket sejak beberapa hari yang lalu.

“Alhamdulillah, ada peningkatan tipis jumlah penumpang di Stasiun KA Kepanjen, sekitar 14%. Jika sebelumnya hanya sebanyak 150-170 orang rata-rata tiap hari,  saat ini sudah mencapai sekitar 250 – 300 orang setiap harinya,” terang Kepala Stasiun Kepanjen Kabupaten Malang, Teguh Raharjo, Rabu (18/12), seperti dilansir Tabloidjawatimur.

Lebih lanjut Teguh menjelaskan jika peningkatan jumlah penumpang itu terjadi dari Selasa (17/12) lalu atau H-7 Natal. Untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang, pihak (KAI) pun telah mempersiapkan 2 KA tambahan, yakni KA Gajayana kelas eksekutif dari Malang ke Jakarta, dengan keberangkatan pukul 20.30 WIB dan KA Matarmaja dengan keberangkatan pagi hari jam 07.30 WIB.

Sayangnya, meski sudah disediakan , ternyata KA jarak jauh dari Kepanjen tujuan Bandung dan Jakarta sudah habis terjual. “Mewakili PT KAI , kami mohon maaf bagi warga masyarakat yang ingin bepergian jarak jauh menggunakan KA. Karena KA selama Nataru sudah habis terjual. Sebagai alternatif, warga bisa naik moda lainnya,” ungkap Teguh.

Teguh menambahkan, kenaikan jumlah penumpang tersebut juga terjadi pada KA lokal, misalnya untuk kereta api dari Surabaya ke Blitar dan Kertosono, serta KA dari Blitar ke Kertosono dan Blitar ke Sidoarjo dan Surabaya. Lonjakan penumpang ini memang terus terjadi setiap harinya, terutama pada akhir pekan. “Untuk jarak dekat atau lokal juga mengalami peningkatan. Sehingga memang menjelang Nataru ini kenaikan penumpang diprediksi terus bertambah,” beber Teguh.

PT KAI sendiri telah menetapkan masa angkutan libur Natal dan Tahun Baru selama 18 hari, yakni mulai tanggal 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Adapun jumlah kereta api yang disiapkan untuk libur Nataru mencapai 78 perjalanan KA di wilayah KAI Daop 8 Surabaya, dengan total kursi mencapai 828.324 tempat duduk.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*