Seluruh Stasiun MRT & Halte Transjakarta Bakal Dilengkapi Parkir Sepeda

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan ujicoba jalur sepeda fase 2
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan ujicoba jalur sepeda fase 2 - www.jawapos.com

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa pihak Pemprov DKI Jakarta akan menyediakan tempat sepeda di seluruh Jakarta hingga akhir tahun 2019. Disediakannya parkir sepeda ini dalam rangka mendukung masyarakat untuk mulai beralih menggunakan sepeda sebagai sarana .

“Akhir 2019 semua harus memiliki tempat parkir sepeda yang cukup. Sehingga nantinya stasiun-stasiun , MRT ada tempat yang cukup untuk pesepeda. Jadi teman-teman yang menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan sepeda,” ucap Anies di Terowongan Kendal, Sudirman, Jakarta, Sabtu (12/10), seperti dilansir Kompas.

Selain di stasiun, pihak Pemprov DKI Jakarta pun akan menyediakan fasilitas parkir sepeda di halte-halte bus supaya masyarakat dapat meletakkan sepedanya untuk kemudian berpindah ke transportasi umum. “Nanti juga kami taruh di halte-halte sehingga kita bisa menggunakan sepeda untuk first mile dan last mile dalam menggunakan kendaraan umum. Karena kendala kita itu dari rumah sampai halte, dan dari halte sampai tempat kerja. Dan kalau itu kita gunakan sepeda, itu akan jauh lebih efisien,” ujarnya.

Lebih lanjut Anies menuturkan, integrasi antar moda dan sepeda akan diterapkan dengan adanya bike track pada beberapa busway. “Nanti kita akan atur rekayasanya, karena sebenarnya sepeda itu lebih fleksibel, dia bisa lewati rute-rute yang tidak seperti kendaraan bermotor. Makanya Saya menganjurkan kalau mau naik sepeda dilihat dulu Google Maps, jangan pake mobil, nanti jadi jauh,” tuturnya.

Ditemui di kesempatan yang sama, Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar mengungkapkan jika pihaknya telah mulai menyiapkan tempat-tempat sepeda di stasiun MRT yang mempunyai jalur layang. “Jadi mulai dari Lebak Bulus kemudian Fatmawati kemudian Cipete tadi juga sudah ada di Haji Nawi sampai ke Blok M. Prosesnya memang sekarang ini sedang dilaksanakan, kalau hari ini yang kelihatan di Lebak Bulus kemudian di Cipete, Haji Nawi,” ujar William.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*