Tingkatkan Konektivitas, Stasiun Telaga Murni Akhirnya Resmi Beroperasi

Hengki Angkasawan, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) - www.dephub.go.id
Hengki Angkasawan, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) - www.dephub.go.id

– Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meresmikan Telaga Murni di Kabupaten Bekasi pada Selasa (13/8) siang kemarin. Diresmikannya kereta api yang ada di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat tersebut nantinya diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan jasa transportasi kereta api, khususnya kereta listrik (KRL) .

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hengki Angkasawan menuturkan, Menhub Budi Karya berangkat dari Jakarta siang kemarin menggunakan kereta commuterline bersama Ryan D’Masiv dan vlogger Farah Fang. “Beliau sekaligus ingin berinteraksi langsung dengan untuk mendengar aspirasi mereka,” ungkap Hengki, Selasa (13/8), seperti dilansir Republika.

Stasiun KA Telaga Murni sendiri telah diuji coba sejak tanggal 18 Mei 2019 lalu sampai 13 Agustus 2019. Berdasarkan hasil uji coba, Stasiun KA Telaga Murni dinyatakan telah laik operasi dan siap diresmikan. Stasiun Telaga Murni merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama antara Direktorat Jenderal Perkeretaapian dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi dan PT Fajarputera Dinasti pada tahun 2014, kemudian dilanjutkan dengan proses pada tahun 2015-2018.

Pembangunan Stasiun Telaga Murni merupakan wujud kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan pihak swasta. “Dalam hal ini pengembang kawasan permukiman di wilayah Kabupaten Bekasi dalam rangka membangun prasarana perkeretaapian,” kata Hengki.

“Ini kolaborasi APBN dan peran swasta untuk angkutan massal bakal beri pelayanan ke . Saya apresiasi Metland inisiatif laksanakan ini. Sebentar lagi kita akan nikmati Stasiun Telaga Murni sebagai bentuk kerja sama pemerintah dan swasta dan dikelola secara baik oleh KAI. Ini jadi baik bagi khususnya Bekasi,” imbuh Budi Karya.

“Saya yakin bisa berikan baik ke masyarakat. Tadi saya ngobrol di kereta mereka senang, tadinya dari Stasiun Cibitung bisa 30 menit, jadi 5 menit ke stasiun ini. Jadi masyarakat dapat sehingga mereka meninggalkan angkutan pribadi yang bikin macet,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Stasiun Telaga Murni berlokasi di antara lintas Jakarta-Cikampek, lebih tepatnya antara Stasiun Cibitung dan Stasiun Cikarang di Desa Telaga Murni. Stasiun tersebut dilengkapi dengan peron 260 meter untuk melayani 12 rangkaian kereta dengan spesifikasi teknis sehingga dapat memenuhi standar pelayanan minimum stasiun perkotaan.