PT MRT & KAI Bakal Ubah 4 Stasiun di Jakarta Jadi Stasiun Terintergrasi

Anies Baswedan, Gubernur Provinsi DKI Jakarta - lokadata.id
Anies Baswedan, Gubernur Provinsi DKI Jakarta - lokadata.id

Jakarta – PT MRT Jakarta dan PT Indonesia akan mengubah 4 kereta api di Jakarta menjadi berkonsep Transit Oriented Development (TOD). Untuk mewujudkan rencana tersebut, PT MRT dan KAI menciptakan perusahaan gabungan, yakni PT Moda Integrasi Jabodetabek.

Menurut Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, keempat stasiun yang bakal diubah jadi stasiun TOD antara lain Stasiun Senen, Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Sudirman. Keempat stasiun itu nantinya akan terhubung dengan moda transportasi lain yang ada di Jakarta seperti Transjakarta, MRT, LRT, sampai umum yang tergabung dalam Jak Lingko.

“Jadi ada empat stasiun yang nampak beda. Stasiun Senen, Juanda, Tanah Abang, dan Sudirman itu nanti orang merasakan terintegrasi,” kata Anies Baswedan di Jakarta, Jumat (10/1), seperti dilansir Kontan. Anies juga menargetkan bahwa keempat stasiun TOD tersebut dapat mulai digunakan oleh masyarakat pada bulan Maret 2020 depan. “Kalau Maret sudah harus jadi mungkin pembangunannya sudah mulai,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan jika pengintegrasian stasiun ini akan memberi efisiensi terhadap zonasi bangunan di Jakarta. Di samping itu, Budi juga berharap supaya seluruh stakeholders transportasi umum juga dilibatkan, termasuk ojek online. “Oleh karena itu saya minta 4 stasiun itu tolong mereka diakomodasi. Karena de facto keberadaan ojol tidak bisa dipungkiri,” beber Budi.

Budi menambahkan, dengan adanya integrasi antarmoda transportasi yang baik juga dapat semakin memudahkan masyarakat dalam menggunakan angkutan umum. Bahkan bukan tidak mungkin jika ke depannya masyarakat yang menggunakan angkutan umum semakin meningkat. “Saat ini pengguna angkutan massal [di Ibu Kota] baru 1,8 juta orang atau 25 persen masyarakat di Jakarta. Kami ingin ke depannya bisa menjadi 75%,” tandas Budi.

Perusahaan patungan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek sendiri sengaja dibentuk oleh PT MRT dan PT KAI untuk meningkatkan kualitas transportasi umum yang ada di wilayah Jakarta, melalui integrasi kelola stasiun kereta api yang berada di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*