Libur Sekolah, KAI Daop 8 Surabaya Tambah Perjalanan KA Sembrani & Sancaka

Arif Luqman, Manajer Humas Daop 8 Surabaya - antaranews.com
Arif Luqman, Manajer Humas Daop 8 Surabaya - antaranews.com

– Dalam rangka menyambut masa libur panjang pergantian tahun ajaran baru, (KAI) akan menambah . Pada hari biasa, ada sekitar 34 jadwal perjalanan kereta api. Namun, di momen sekolah nanti Daop 8 Surabaya akan menambah 2 jadwal lagi, sehingga totalnya menjadi 36 perjalanan KA jarak jauh.

Tambahan perjalanan disediakan untuk KA Sembrani tambahan relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir dan KA Sancaka tambahan yang melayani rute Surabaya Gubeng – Yogyakarta. Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif memaparkan bahwa KA Sembrani tambahan dioperasikan tiap akhir pekan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Minggu selama libur panjang sekolah.

Adapun jadwal keberangkatan KA Sembrani tambahan dari Stasiun Pasar Turi pukul 20.00 WIB, sedangkan dari Stasiun Gambir jam 21.15 WIB. “Tersedia kelas eksekutif dengan kapasitas 400 kursi,” jelas Luqman, seperti dilansir dari Jawapos.

Luqman menambahkan, pada akhir pekan lalu, jika dibandingkan dengan akhir pekan sebelumnya, terdapat kenaikan jumlah . Berdasarkan data dari PT KAI Daop 8 Surabaya, jumlah penumpang kereta api selama periode 17-19 Juni 2022 untuk penumpang KA jarak jauh mencapai 13.318 orang. Pekan sebelumnya, yakni periode 10-12 Juni, terdapat 11.930 penumpang. Jika dilihat dari yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan sebesar 12 persen penumpang jarak jauh.

Menurut Luqman, pihaknya akan terus memantau dan mengevaluasi tiap perjalanan, termasuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang di masa liburan mendatang. “Agar permintaan bisa terakomodasi,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan, di masa libur sekolah tersebut, diharapkan masyarakat bisa menjadikan kereta api sebagai moda andalannya ketika bepergian. “Kami terus berkomitmen melayani masyarakat sesuai ketentuan yang berlaku dan terus mengutamakan kedisiplinan protokol kesehatan,” bebernya.

Luqman mengingatkan, calon penumpang kereta api pun harus mengacu pada SE (Surat Edaran) Kementerian Perhubungan No 57 Tahun 2022, di antaranya, penumpang harus melakukan vaksinasi minimal dosis kedua, sedangkan anak di atas 6 tahun harus vaksin minimal dosis pertama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*