Kereta Api Tembus Pandang Pertama di Dunia Segera Meluncur

Jepang memang tak pernah bosan berinovasi. Kali ini, negeri sakura dikabarkan tengah menggarap terbaru berupa sebuah super cepat transparan yang akan dioperasikan di Tokyo pada 2018 mendatang.

Kereta api tembus pandang ini dirancang oleh Kazuyo Sejima, seorang arsitek handal asal Jepang. Kereta api ini dibuat dalam rangka perayaan 100 tahun hari jadi Seibu Grup, pemilik Seibu Railways yang mengoperasikan kereta api di sekitar Tokyo dan perfektur Saitama, Jepang.

Bukan tembus pandang dalam arti sebenarnya, material kereta commuter bersifat semi reflektif yang mampu memberikan kesan ilusi ketika kereta sedang melintas. Sehingga, kereta akan berbaur dengan lingkungan dan memberi kesan seolah transparan.

“ (Kereta transparan) akan melewati berbagai lingkungan, mulai dari pegunungan Chichibu hingga perkotaan Tokyo. Menurut saya akan indah sekali jika kereta api itu bisa secara lembut berbaur dengan beragam lingkungan di sekitarnya,” ujar Sejima sebagaimana dikutip CNN.

Kazuyo Sejima sendiri dikenal sebagai salah satu arsitek terbaik Jepang yang pernah memenangkan internasional. Sejima bersama rekannya Ryue Nishizawa telah mendirikan perusahaan arsitektur SANNA di tahun 1995. Perusahaan ini terkenal terampil memadukan tata ruang dan cahaya.